Bergerak, Bermanfaat dan Bermartabat bersama Fisioterapi STIKES Nasional

2019-03-19

Minggu (17/3) STIKES Nasional bersama Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 menggelar kegiatan konsultasi dan pelayanan kesehatan di Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi. Kegiatan ini diusung dengan tema “Bergerak, Bermanfaat dan Bermartabat bersama Fisioterapi” dan tergolong dalam peran tenaga kesehatan Fisioterapi di bidang promotif, preventif dan kuratif. Fisioterapi merupakan ilmu yang mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak serta fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan, baik dilakukan penanganan secara manual, peningkatan gerak maupun menggunakan peralatan seperti electrotherapy dan mekanis. Konsultasi dan pelayanan Fisioterapi ini bersifat gratis dan ditujukan untuk semua lapisan masyarakat baik itu remaja dan juga dewasa.

Acara ini dimulai dengan senam zumba bersama yang disambut antusias oleh para pengunjung CFD yang bergabung memadati area senam yang ada di depan Menara Mandiri, Slamet Riyadi. Selanjutnya memasuki acara konsultasi dan pelayanan kesehatan dengan memberikan terapi gratis kepada pengujung CFD yang dilakukan oleh segenap tim baik dosen maupun mahasiswa dari program studi D-IV Fisioterapi STIKES Nasional. Pengunjung terlihat antusias dan rela mengantri untuk mendapatkan terapi gratis.

Bersamaan dengan pelayanan kesehatan tersebut juga berlangsung bincang-bincang singkat yang diliput langsung oleh RRI pro 2. Sesi pertama diisi oleh Binuko Amarseto, S.St. FT., M.Or selaku ketua program studi D-IV Fisioterapi yang mengatakan bahwa “peranan fisioterapi itu menyeluruh tidak terbatas usia dan jenis kelamin. Dan cakupan pelayanannya juga luas yaitu dari promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.” Dia menambahkan dengan harapan untuk bisa merubah paradigma bahwa fisioterapi itu hanya sebatas tukang pijat ataupun rehabilitatif saja seperti yang dikenal di RSO misalnya, jadi fisioterapi bisa ke sport, anak, dan lain-lain.

Sesi kedua disampaikan oleh Muhammad Sa’ad, S.Farm yang diisi dengan pengenalan STIKES Nasional. “Selain DIV Fisioterapi, STIKES Nasional memiliki 4 program studi lainnya, yaitu DIII Farmasi, DIII Analis Kesehatan, DIV Teknologi Laboratorium Medis dan SI Farmasi. Kami berkomitmen, lulusan kami menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas, berdaya saing dan terpercaya. Dan kepada masyarakat, kami juga berkomitmen untuk ikut meningkatkan awareness masyarakat tentang kesehatan, sehingga secara rutin kita adakan CFD seperti ini dengan tema berbeda-beda, kebetulan hari ini tentang Fisioterapi” paparnya.

STIKES Nasional sebagai salah satu institusi Pendidikan yang akan menghasilkan tenaga kesehatan Fisioterapi menggelar kegiatan ini dengan maksud untuk lebih memperkenalkan tentang Fisioterapi dan perannya pada masyarakat.