Bincang Analis, Membuka Wawasan dan Pengetahuan Mahasiswa

2019-07-23

Sebagai langkah peningkatan mutu akademik yang membentuk karakter kuat dan utuh dalam mewujudkan mahasiswa yang intelektual, berpandangan terbuka, dan organisator yang bersinergi untuk masyarakat. Departemen Penyuluhan Masyarakat Ikatan Keluarga Mahasiswa Progdi D-III Analis Kesehatan STIKES Nasional menyelenggarakan Bincang Analis. Acara ini berkolaborasi dengan Ikatan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik (IMATELKI) Indonesia DPC Solo. Tema yang diangkat adalah “Are You Ready to Be a Good Medical Laboratory Technologist” bersamaan dengan Expo Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Pada kegiatan Bincang Analis ini dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juli 2019,bertempat di Rumah Sakit Umum Indriati, Jl. Palem Raya, Langenharjo, Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Pada kegiatan ini dihadiri oleh 200 mahasiswa Analis Kesehatan dari berbagai Perguruan Tinggi seperti Universitas Setia Budi Surakarta, Politeknik Santo Paulus, Akademi Analis Kesehatan 17 Agustus Semarang, Universitas Muhammadiyah Semarang, Politeknik Khatolik Mangunwijaya, Akademi Analis Kesehatan Pekalongan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pada acara Bincang Analis ini di moderator oleh Bapak Nova Ardiansyah, S. S. T, dan Ibu Nur Hayati, S. ST, M. Si, sebagai pembicara dengan tema Sosialisasi Registrasi dan Reregistrasi STR dan SIP, Serta Bapak Salim, S.ST dengan tema Proses Quality Qontrol dan K3 di Laboratorium serta Kiat-kiat sukses menjadi ATLM. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem Talk show interaktif dan tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Setelah acara bincang analis selesai, dilanjutkan pemaparan hasil KTI oleh saudara Regitha Wahyu H, Amd. AK dan diadakan Expo KTI dari berbagai perguruan tinggi yang dikemas dalam bentuk poster. Dan materi terakhir yaitu pemaparan sistematika penyusunan KTI dan dilanjutkan tanya jawab.