Kuliah Pakar D-IV Teknologi Laboratorium Medis STIKES Nasional: “CAR-T Cell Infusion dan Transplantasi Sumsum Tulang. Apa Peranku?”

2019-11-27

Sukoharjo | (Rabu/20 November 2019) Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional (STIKES Nasional) menyelenggarakan kuliah pakar dengan topik “CAR-T Cell Infusion dan Transplantasi Sumsum Tulang. Apa Peranku?” Kuliah pakar tersebut diselenggarakan di Ruang Kuliah 1309 STIKES Nasional dan dihadiri oleh Mahasiswa D-IV TLM tingkat 4, Mahasiswa DIII Analis kesehatan dan Dosen dengan narasumber dr. Edy Setiawan Tehuteru, Sp.A(K)., MHA.

Kegiatan dibuka oleh Ketua program Studi D-IV TLM STIKES Nasional, Muhammad Taufiq Qurrohman, M.Sc. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang sel terapi Chimeric Antigen Receptor-T (disingkat Car-T Cell) sebagai salah satu imunoterapi yang menjadi harapan baru dalam upaya penyembuhan kanker. Terapi ini dilakukan dengan cara mengambil darah pasien, kemudian memisahkan komponen T-cell-nya, mengubah T-cell tersebut menjadi CAR-T, memperbanyaknya, lalu hasilnya diinfus ke pasien. Pemaparan selanjutnya adalah tentang transplantasi sumsum tulang dan peranan apa saja yang dapat dilakukan oleh Ahli Teknologi Laboratorium Medis. Kegiatan kuliah pakar ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab dan mendapatkan perhatian khusus dari peserta.