MINI SEMINAR KESEHATAN OLAHRAGA MEET AND GREET SATYA WACANA BASKETBALL TEAM

Kamis,17 Januari 2019

STIKES Nasional bekerjasama dengan Klinik Cahaya Mitra dan PT Biofarma mengadakan Mini Seminar Kesehatan Olahraga dengan tema “Membangkitkan Olahraga Prestasi di Sekolah” Minggu, 13 Januari 2019. Acara ini diikuti oleh perwakilan guru olahraga dan siswa dari SMA dan SMK se-Karisidenan Surakarta. Dalam acara tersebut juga menghadirkan 2 Narasumber dari Fisioterapi dan juga Farmasi dengan dipandu Moderator Ibu Lilik Ariyanti, MPH.

Sebelum memasuki acara, para peserta terlebih dahulu diajak berkeliling melihat beberapa laboratorium STIKES Nasional dalam acara Tour De Lab. Laboratorium tersebut antara lain : Laboratorium Resep, Laboratorium Obat Tradisional, Laboratorium Teknologi Farmasi, Laboratorium Mikrobiologi dan Laboratorium Gymnasium Fisioterapi.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama dalam Mini Seminar Kesehatan Olahraga yang disampaikan oleh Bp. Binuko Amarseto, S.St. FT., M.Or mengenai “Pemilihan Olahraga yang Tepat, Manfaat  & Resiko”. Kemudian disambung dengan “Porsi Olahraga yang Sesuai : Pemula & Profesional” dan yang terakhir mengenai “ Penanganan Cidera Ketika Berolahraga”.  Materi kedua mengenai “Fungsi Supplement Untuk Menunjang Olahraga, Perlukah?” yang disampaikan oleh Ibu Dian Puspitasari, M.Sc., Apt. Pentingnya edukasi olahraga yang tepat dapat membantu generasi muda dalam memaksimalkan manfaat yang diperoleh dari berolahraga, juga mengurangi  resiko yang terjadi akibat intensitas yang salah dalam berolahraga.

Acara menjadi lebih seru saat sesi Meet and Greet dengan Satya Wacana Basketball Team dilakukan. Sesi ini dipandu oleh dr. Enny Listiawati, MPH dan Ibu Yuli Mardyastuti, S.Pd selaku moderator dan diakhiri dengan foto bersama Satya Wacana Basketball Team dengan seluruh peserta. “Acara berlangsung dengan lancar dan mendapat apresiasi dari semua pihak terkait melihat peserta yang sangat antusias”, ungkap Bp. Muhammad Saad, S.Farm selaku penanggung jawab acara.

Dalam acara ini juga dilakukan medical cekup yang melibatkan Mahasiswa D3 Analis Kesehatan, vaksinasi serta promosi kesehatan kepada masyarakat luas melalui media sosial. Dengan melakukan edukasi tentang kesehatan olahraga sesuai dengan tema seminar, juga tentang informasi seputar hepatitis melalui akun media sosial masing-masing.