Membentuk Relawan yang Berkarakter dan Tangkas

2019-04-11

Surakarta - Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia Unit Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional telah  menggelar kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) pada  Sabtu (23/02/2019) di TAHURA Karanganyar. Diklat tahun ini mengusung tema “Membangun Relawan yang Berkarakter dengan Semangat Kedisiplinan” yang bertujuan agar anggota dari KSR unit Stikes Nasional memiliki kemampuan yang terlatih dan mengetahui tugas dari seorang relawan. Seorang relawan harus memiliki ketangkasan dalam melayani korban dan memiliki karakter yang kuat dalam menghadapi tekanan.

Dalam kesempatan ini, Barly dan team dari relawan PMI  Solo juga ikut terjun dalam mendidik peserta Diklat agar hasil yang didapat lebih “mantab”.“Untuk tahun ini peserta sudah mulai memiliki inisiatif tapi masih kurang dalam memecahkan sebuah masalah” ujar Barly.

Selain dari relawan PMI Solo, Diklat tahun ini juga diisi oleh relawan KSR unit kampus se- Solo. Salah satunya adalah senior dari KSR unit UNS.’’Saat diklat berlangsung, peserta pasti mengalami tekanan. Tekanan yang tinggi dan di-eksekusi dengan pas akan menghasilkan peserta memliki karakter yang juara juga”, papar Dimas.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan PBA (Pelatihan Bencana Alam) sebagai tempat mengaplikasikan materi tentang pertolongan pertama oleh peserta sekaligus agar peserta dapat merasakan bagaimana tekanan di bencana alam sebenarya.