Memperkuat Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

2019-09-11

STIKES Nasional kembali menyelenggarakan In House Training (IHT) Awareness of ISO 9001:2015. Training dengan topik ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu STIKES Nasional. Tidak seperti dua training sebelumnya, materi kali ini minus Internal Quality Audit.

In House Training yang diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 2019 di Tosan Hotel Solobaru ini diikuti oleh 8 pemangku jabatan struktural dan 12 Dosen. Seluruh pemangku jabatan struktural yang menjadi peserta memang belum pernah mendapatkan training sistem manajemen mutu ISO 9001. Untuk itu pemahaman tentang ISO 9001 menjadi kebutuhan yang penting dan mendesak bagi para pemangku jabatan yang sebagian besar baru dipromosikan pada awal semester genap tahun akademik 2018/2019.

Sedangkan dosen sebagai ujung tombak penyelenggaraan pendidikan tinggi mempunyai peran strategis dalam mendukung efektivitas pelaksanaan tata kelola di STIKES Nasional. Dosen dapat menjalankan peran pengawasan bagi pelaksanaan tata kelola, khususnya di program studi masing-masing. Selain itu, dosen merupakan salah satu sumber daya manusia yang paling potensial untuk mengisi jabatan struktural di perguruan tinggi.

Penyelenggaraan training ini merupakan keputusan strategis Lembaga Penjaminan Mutu dalam menjawab perubahan internal organisasi. Berdasarkan pengalaman tersebut, maka Lembaga penjaminan mutu akan menjadikan ISO 9001 sebagai salah satu materi yang wajib dipahami oleh seluruh karyawan STIKES Nasional. Untuk itu kedepannya perlu diselenggarakan program penyadaran Sistem Manajemen Mutu ISO bagi tenaga kependidikan lainnya di STIKES Nasional.