Persiapkan Keluarga Mahasiswa (KM) STIKES Nasional Ikuti Program Hibah Bina Desa (PHBD)

2019-03-05

Kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kualitas mahasiswanya saat ini. Mahasiswa diharapkan memiliki soft skills dan hard skills sebagai bekal untuk terjun ke masyarakat dan lingkungan kerja. Hard skills didapat mahasiswa saat mengikuti perkuliahan di kelas, sedangkan soft skill didapat dari mana saja, salah satunya yaitu mengikuti organisasi mahasiswa. Di dalam organisasi mahasiswa tersebut, seorang mahasiswa akan belajar bersosialisasi dengan sesama, bekerja sama dalam tim, hingga public speaking.

Mahasiswa STIKES Nasional tergabung dalam Keluarga Mahasiswa (KM STIKES Nasional) yang merupakan bentuk organisasi kemahasiswaan. Organisasi kemahasiswaan dituntut mempersiapkan diri menghadapi era baru yang mengedepankan pentingnya manajemen organisasi dan komunikasi dalam dunia global. Organisasi mahasiswa memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian, karakter, watak yang berwawasan luas sebagai bekal untuk terjun di masyarakat. Sehubungan dengan hal itu, Bagian Kemahasiswaan STIKES Nasional menggelar acara Coaching Clinic Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2019 untuk mempersiapkan PHBD 2019 oleh Kemenristek DIKTI.

Bertempat di Ruang Kuliah 6 Kampus Kwarasan STIKES Nasional, acara Coaching Clinic PHBD 2019 diikuti oleh Organisasi Mahasiswa STIKES Nasional serta Ibu Dosen Divisi Kemahasiswaan Program Studi dan dibuka oleh Ibu Susilowati, S.Farm., M.Sc., Apt selaku Wakil Ketua III STIKES Nasional. Materi pertama disampaikan oleh Ibu Atur Semartini, M.Hum, yang menjelaskan tentang teknis PHBD. Materi kedua disampaikan oleh Ibu Indah Tri Susilowati, M.Pd. Ibu Indah menceritakan pengalamannya saat penyusunan Proposal Program Kemitraan Masyarakat Desa. Selain itu, Ibu Indah juga memberikan tips dan trik menemukan ide hingga menyusunnya ke dalam sebuah proposal. Setelah kedua narasumber memaparkan materinya dilanjutkan dengan sesi diskusi dan ditutup foto bersama.