STIKES Nasional Latih PHBS Warga Kismosari

Senin,03 Desember 2018

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Nasional melatih masyarakat, Kismosari, gadingan, Mojolaban, Sukoharjo membuat handsanitizer dan biofilter biji kelor serta spons oyong sebagai solusi preventif pencemaran air dan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kismosari dipilih karena warganya masih memiliki kerentanan dalam hal sanitasi dan higienitas terutama dalam kejernihan sumber air yang dimiliki masyarakat. Melalui tim Program Kemitraan Masyarakat oleh Indah Tri Susilowati, M.Pd dan Susilowati, M.Sc., Apt., STIKES Nasional melakukan upaya preventif peningkatan program sanitasi dan higienitas menuju masyarakat ber-PHBS dan meminimalisir dampak pencemaran air serta lingkungan (peningkatan kualitas air). Upaya yang dilakukan dengan memaksimalkan komunitas ibu-ibu PKK Mekarsari dan Paguyuban Bapak-Bapak Kismosari.

Selain potensi warga, dua tanaman yaitu kelor dan oyong (gambas) yang memiliki potensi khusus dapat dikembangkan untuk meminimalisasi permasalahan yang ada di daerah tersebut.