SUPER SMART COMPETITION

2019-02-11

Program Super Smart Competition merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Prodi D III Analis Kesehatan Sekolah Tinggi Kesehatan Nasional. Program tersebut merupakan serangkaian kegiatan dimana mahasiswa prodi D III Analis Kesehatan akan diuji wawasannya mengenai dunia medis, serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Program tersebut dilakukan guna mendapatkan bibit unggul mahasiswa yang cerdas, kreatif dan berwawasan luas.

Program Super Smart Competition ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada hari Rabu – Kamis, 6 – 7 Februari 2019 di Kampus II STIKES Nasional yang beralamat di Jl. Raya Solo – Baki Kwarasan, Grogol, Sukoharjo. Mahasiswa yang mengikuti acara ini sebanyak 45 orang atau 15 kelompok yang terdiri dari tingkat 1 dan tingkat 2. Acara tersebut dilaksanakan dengan 2 tahapan tes.

Tahap pertama berupa tes tertulis mengenai wawasan tentang Analis Kesehatan yang berlangsung pada hari Rabu, 6 Februari 2019 di Ruang Kuliah 14 dan 15 Kampus II STIKES Nasional mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB yang mana pada tahap ini masing-masing kelompok akan mengerjakan soal dan kemudian akan dipilih 5 kelompok dengan score tertinggi untuk lanjut pada tahap final.

Tahap kedua atau tahap final dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Februari 2019 di Pentagon Kampus II STIKES Nasional mulai pukul 09.30 – 17.00 WIB. Dimana  pada tahap ini terdiri dari lomba cerdas cermat dan debat essay. Lomba cerdas cermat dibagi 2 tahap yaitu soal wajib dan soal rebutan. Pada sesi soal wajib masing-masing kelompok akan memilih satu amplop yang mana pada amplop tersebut berisi 1 paket soal yang terdiri dari 5 soal pilihan yang harus dijawab oleh peserta lomba, soal tersebut berasal dari beberapa materi perkuliahan yang disaring, setiap soal tersebut bernilai 10 poin. Pada sesi soal rebutan terdapat 25 soal dengan 1 soal bernilai 10 poin, kelompok yang dapat menjawab merupakan kelompok yang paling cepat memencet bel, jika jawaban peserta salah maka score kelompok akan dikurangi 5 poin. Pada sesi debat essay masing-masing kelompok akan mempresentasikan essay mereka yang bertemakan Revolusi Industri di Bidang Kesehatan. Pada sesi ini penilaian dilakukan oleh Bapak Ardy Prian Nirwana., S.Pd.Bio., M.Si , Bapak Adhi Kumoro Setya S.Pd.Bio., M.Si , Ibu Ratna Setyaningrum., S.Pd. yang merupakan dosen D III Analis Kesehatan Sekolah Tinggi Kesehatan Nasional. Setelah tahapan final ini selesai maka akan dilakukan perhitungan nilai, perhitungan nilai yang dilakukan berdasarkan akumulasi nilai lomba cerdas cermat dan presentasi essay dari juri. Setelah proses penilaian selesai pengumuman pemenang akan langsung diberitahukan.

Juara 1 diraih oleh kelompok D yang beranggotakan Aisyah Tri Nuraini (1A1), Wahyu Oktafia (2B2) dan Yusmeiga Mayang Bintari (2B2) dengan perolehan nilai sebanyak 204.24 poin. Juara 2 diraih oleh kelompok A yang beranggotakan Anggi Parasitekta (2B1), Annisa Mahardika Pratiwi (2B1), dan Eka Widya Ningrum Lobang (1A1) dengan perolehan nilai sebanyak 180.32 poin. Juara 3 diraih oleh kelompok C yang beranggotakan Anny Rusdiana Sari (2A), Riyana Atika Putri (2A) dan Tia Yasinta (1A3) dengan perolehan nilai sebanyak 146.04 poin. Penyerahan hadiah dan sertifikat kepada pemenang dilakuakan oleh Ibu Susilowati., S.Farm., M.Sc., Apt. selaku Wakil Ketua III Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional.