Sehatnya “Kaum Rebahan” sambil dengerin lagu?

2020-06-10

Penelitian dari seorang Profesor Myung-Chul Kim dan mahasiswanya tentang manfaat dari Core Stability bisa dibaca full paper oleh teman-teman sendiri ya (refrensi saya tuliskan di bawah).

Di penelitian ini beliau juga memaparkan bahwa Latihan Stabilisasi otot inti tubuh (otot-otot tulang belakang, panggul, pinggul, dan otot perut) dapat meningkatkan kekuatan otot, kekuatan kelincahan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh kita.

Sudah tau sih efeknya akan positif pada tubuh kita, namun... tidak semua tergerak hatinya untuk menerapkan sesi latihan yang sederhana dan hemat. Padahal latihan ini terdiri dari gerakan-gerakan yang bisa dilakukan di musim rebahan dan #diRumahAja. Jadi, di dalam jurnal ini menambahkan exercise (latihan) bersamaan dengan mendengarkan lagu atau musik yang berbeda tempo (mulai dari cepat hingga tempo lambat) dan tanpa mendengarkan musik.

Hasilnya mengejutkan, bahwa mereka yang latihan dengan mendengarkan musik tempo cepat lebih efektif dalam meningkatkan kelincahan daripada kelompok kontrol yang tidak mendengarkan musik tempo cepat. Alasannya karena mendengarkan musik mampu menginduksi gairah tinggi (mempengaruhi tingkat emosi). Oleh karena itu, dalam penelitian ini, gairah emosional yang tinggi memiliki efek positif pada peningkatan kekuatan dan kelincahan. Mode musik memengaruhi emosi, dan motilitas (kemampuan suatu organisme untuk bergerak secara independen).

So, apalagi yang ditunggu? Disaat semua orang rebahan sambil maraton drama korea, yuk kita rebahan sambil Core Exercise.

Kim, M. C., & Kim, H. I. (2020). The Effect of Power of Agility of Core Stabilization Exercise by the Musical Type. Medico Legal Update20(1), 2132-2137.