DIV Fisioterapi

DIV Fisioterapi STIKES Nasional dalam perkuliahannya ditunjang dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai, ruang kuliah dengan perlengkapan klasikal, laboratorium-laboratorium yang memadai untuk praktek klinis, dan penelitian ilmiah. Laboratorium yang telah dipersiapkan diantaranya adalah laboratorium Skill, Manual Terapi, dan Pediatri. Ruang praktikum pediatri, gymnasium, dan juga sedang dipersiapkan klinik pelayanan umum. Progdi Fisioterapi selalu berusaha memberikan kontribusi yang besar dalam pelayanan kepada mahasiswa, demi meningkatkan kualitas kemampuan mahasiswa dalam kegiatan akademik, klinis ataupun penelitian ilmiah. Keunggulan dan kharakteristik dari program studi D IV Fisioterapi STIKES Nasional adalah fisioterapi tumbuh kembang yang unggul dalam manajemen dan komunikasi pelayanan pasien.

Visi

Pada tahun 2025 menjadi pusat pengembangan pendidikan fisioterapi yang dipercaya di tingkat nasional dengan berfokus pada ilmu fisioterapi tumbuh kembang yang unggul dalam majanemen dan komunikasi pelayanan pasien.

Misi

1. Menyediakan sumber daya pengembangan pendidikan tenaga kesehatan fisioterapi yang berkualitas.
2. Mewujudkan tatakelola program studi yang baik (good governance) di program studi fisioterapi dengan menerapkan sistem penjaminan mutu yang transparan dan akuntabel.
3. Menyelenggarakan penddikan ilmu fisioterapi yang bermutu, relevan dan inovatif serta kompetitif untuk menghasilkan tenaga kesehatan fisioterapi yang berkompeten, berdaya saing dan berkarakter.
4. Mengembangkan penelitian dan pengbdian kepada masyarakat sebagai penunjang kompetensi fisioterapi tumbuh kembang secara dinamis sesuai kebutuhan masyarakat.
5. Meningkatkan hubungan kemitraan dengan stakeholder dalam pengembangan program studi Fisioterapi

Sasaran Mutu

1. Adanya kontrak perkuliahan, silabus, RPP, dan Modul dari mata kuliah di setiap semester.
2. Adanya kegiatan proses pembelajaran yang selalu melibatkan mahasiswa untuk selalu aktif dalam pengembangan ilmu.
3. Adanya kegiatan bimbingan akademik antara dosen dan mahasiswa di setiap semester minimal 3 kali.
4. Adanya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan yang menunjang, seperti : penyuluhan, pengabdian masyarakat, PKM dan kompetisi yang diselenggarakan baik regional maupun nasional
5. Adanya kegiatan proses pembelajaran yang diselenggarakan baik di kelas ataupun di laboratorium yang dilengkapi fasilitas yang telah disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan.
6. Adanya rapat tiap 1 bulan sekali guna memantau perkembangan kegiatan akademik.
7. Adanya dokumen kurikulum yang mengacu pada KKNI dengan keunggulan bidang Pediatri.
8. Adanya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan yang berkaitan dengan pengembangan soft skill dan hard skill.