Tentang STIKES NASIONAL SURAKARTA

STIKES NASIONAL merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Pharmasi Nasional Surakarta yang telah berdiri sejak tahun 12 September 1957. Perjuangan, dedikasi, komitment untuk mencerdaskan dan menyehatkan anak bangsa telah menghasilkan ribuan alumni berkualitas dan berintegritas yang tersebar di seluruh Indonesia baik ditingkat pendidikan menengah yaitu SMF/SMK Nasional, SMAK Nasional maupun jenjang pendidikan tinggi yaitu AAK Nasional (1997) dan AKFAR Nasional (2004). Pada tahun 2016, AAK dan AKFAR Nasional dilebur dan diubah bentuknya menjadi STIKES NASIONAL berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 116/KPT/I/2016 tanggal 10 Maret 2016. Pada awal perkembangannya STIKES Nasional terdiri dari 5 program studi yaitu S1 Farmasi, D IV Fisioterapi, D IV Teknologi Laboratorium Medik/Analis Kesehatan, D III Farmasi dan D III Analis Kesehatan. Program studi –program studi akan terus dikembangkan menurut kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu dan teknologi yang ada baik pada kualitasnya maupun kuantitasnya. Visi STIKES NASIONAL adalah menjadi pusat pengembangan pendidikan tenaga kesehatan yang terpercaya. Sejalan dengan visi tersebut seluruh program studi di STIKES NASIONAL telah menerapkan sistem penjaminan mutu ISO 9001:2008 oleh United Registrar of System dengan sertifikat No: 46092/A/0001/U/En dan setifikat No.46092/A/0001/UK/En dan telah terakreditasi oleh BAN-PT dan atau LAM-PT (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi).

VISI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN NASIONAL
Menjadi pusat pendidikan tenaga kesehatan yang bereputasi Nasional pada tahun 2025

MISI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN NASIONAL

1 . Menyelenggarakan tata pamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.
2 . Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, relevan, berorientasi pada peserta didik dan mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3 . Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan baik sumber daya manusia maupun prasarana dan sarana secara berkelanjutan sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif dan mampu bersaing secara nasional.
4 . Membangun dan mengembangkan iklim, budaya dan insan akademik yang kompetitif, kompeten, dapat dipercayai dan diandalkan dengan menjunjung tinggi keluhuran budaya dan keberagaman lokal dan nasional.
5 . Membangun dan mengembangkan kerja sama dengan institusi pendidikan dan penelitian di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian.

TUJUAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN NASIONAL

1 . Tercapainya peningkatan pemerataan dan perluasan akses masyarakat dalam memperoleh pendidikan tinggi khususnya pendidikan tenaga kesehatan.
  • Menghasilkan tenaga kesehatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan UUD 1945, memiliki integritas dan karakter mulia.
  • Menghasilkan tenaga kesehatan yang kompetitif, kompeten,dapat dipercayai, memiliki jiwa dan sikap kewirausahaan dan mampu bersaing di pasar global serta mampu memberikan sumbangan sih bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan derajat kesehatan.
  • Menghasilkan tenaga kesehatan yang tangguh dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, inovatif dan kreatif khususnya yang berkaitan dengan bidang kesehatan.
  • Menghasilkan tenaga kesehatan yang memiliki kepekaan sosial dan budaya saling asah, asih dan asuh, memiliki toleransi yang tinggi terhadap sesama, serta memiliki dasar kepemimpinan yang kuat dan mampu bekerjasama lintas bidang dan sektoral.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni di bidang kesehatan serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat.
2 . Tercapaianya lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif, berkompeten, dapat dipercayai dan diandalkan serta berbudi pekerti luhur.
  • Terwujudnya tata kelola yang yang baik (Good University Governance) dan sesuai dengan perundang-undangan serta tercukupinya sumber daya finansial mandiri untuk tercapainya stabilitas penyelenggaraan pendidikan. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada mutu.
  • Tercapaianya lulusan (tenaga kesehatan) yang memiliki berkarakter, kompetitif, berkompeten, dapat dipercaya dan diandalkan.
  • Terwujudnya penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni.
  • Tercapainya peningkatan hasil-hasil penelitian yang relevan dan berkualitas dan adanya peran serta sivitas akademika pada pemberdayaan dan pengembangan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat.
  • Terbangunnya iklim akademik yang kondusif bagi penyelenggaraan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Tercapaianya peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang kompetitif, kompeten dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan.
  • Tercapainya penguatan kerjasama strategis yang saling menguntungkan dengan mitra local dan nasional bahkan internasional bagi peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian.

NILAI-NILAI DASAR
Nilai-nilai dasar (Core value) STIKES Nasional adalah sebagai berikut :

1 . Competitive. Memiliki daya saing, keunggulan kompetitif (competitive advantage) yaitu kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya dari STIKES Nasional untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perguruan tinggi lain sejenis.
2 . Competent. Memiliki kecakapan, keahlian dan wewenang untuk menentukan sesuatu.
  • Understanding atau pemahaman, yaitu kedalaman kognitif yang dimiliki.
  • Skill atau kemampuan, yaitu sesuatu ketrmpilan atau bakat yang dimiliki oleh indivindu untuk melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.
  • Knowledge atau pengetahuan, yaitu kesadaran dalam bidang kognitif, yaitu mengetahui apa yang harus diperbuat.
  • Interest atau minat, yaitu kecenderungan seseorang yang tinggi terhadap sesuatu atau untuk melakukan sesuatu perbuatan.
  • Attitude atau sikap, yaitu reaksi seseorang terhadap rangsangan yang datang dari luar.
  • Value atau nilai, yaitu suatu standar perilaku atau sikap yang dipercayai secara psikologis telah menyatu dalam diri seseorang.
3 . Trustworthy. Dapat dipercaya, dapat diandalkan, memiliki karakter/watak yang jujur, loyal, bertanggung jawab, disiplin dan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
4 . Nasionalis (cinta bangsa dan tanah air). Memiliki kecintaan kepada bangsa dan tanah air yang diwujudkan dengan kesediaan memberikan pengetahuan, ketrampilan dan bakatnya untuk kemajuan bangsa dan negara.
5 . Keberagaman-kebhinekaan. Memiliki toleransi dan rasa hormat kepada keberagaman, perbedaan dan kebhinekaan, baik itu agama, suku, ras, kelompok maupun golongan. Keberagaman sebagai suatu anugerah untuk membangun, untuk saling melengkapi, saling mendukung demi terwujudnya keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan.

KEBIJAKAN MUTU
STIKES Nasional berkomitmen membangun kepercayaan publik dengan menghasilkan lulusan- lulusan kompetitive, kompeten, terpercaya dan berorientasi pada kepuasan pelanggan melalui peningkatan mutu secara berkelanjutan dan terus menerus mengupayakan 7 P :

1 . Peningkatan dan pengembangan tata kelola akademik yang baik, transparan dan akuntabel.
2 . Proses pembelajaran yang berorientasi tata nilai untuk membangun karakter lulusan yang kompetitive, kompeten dan terpercaya.
3 . Peningkatan kualitas sumber daya manusia secara terus menerus dan berkelanjutan guna memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan.
4 . Peningkatan dan pengembangan kurikulum perguruan tinggi yang mengacu pada KKNI serta sarana dan prasarana.
5 . Peningkatan dan pengembangan research dan hasil research serta program pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa.
6 . Peningkatan kerjasama lintas sektoral dan peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai media komunikasi dan informasi guna perluasan akses bagi pelanggan.
7 . Peningkatan dan pengembangan suasana akademik yang kondusif, aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan.