Tentang STIKES NASIONAL SURAKARTA

STIKES NASIONAL merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Pharmasi Nasional Surakarta yang telah berdiri sejak tahun 12 September 1957. Perjuangan, dedikasi, komitment untuk mencerdaskan dan menyehatkan anak bangsa telah menghasilkan ribuan alumni berkualitas dan berintegritas yang tersebar di seluruh Indonesia baik ditingkat pendidikan menengah yaitu SMF/SMK Nasional, SMAK Nasional maupun jenjang pendidikan tinggi yaitu AAK Nasional (1997) dan AKFAR Nasional (2004). Pada tahun 2016, AAK dan AKFAR Nasional dilebur dan diubah bentuknya menjadi STIKES NASIONAL berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 116/KPT/I/2016 tanggal 10 Maret 2016. Pada awal perkembangannya STIKES Nasional terdiri dari 5 program studi yaitu S1 Farmasi, D IV Fisioterapi, D IV Teknologi Laboratorium Medik/Analis Kesehatan, D III Farmasi dan D III Analis Kesehatan. Program studi –program studi akan terus dikembangkan menurut kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu dan teknologi yang ada baik pada kualitasnya maupun kuantitasnya. Visi STIKES NASIONAL adalah menjadi pusat pengembangan pendidikan tenaga kesehatan yang terpercaya. Sejalan dengan visi tersebut seluruh program studi di STIKES NASIONAL telah menerapkan sistem penjaminan mutu ISO 9001:2008 oleh United Registrar of System dengan sertifikat No: 46092/A/0001/U/En dan setifikat No.46092/A/0001/UK/En dan telah terakreditasi oleh BAN-PT dan atau LAM-PT (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi).

VISI STIKES Nasional
Menjadi pusat pendidikan tenaga kesehatan yang bereputasi nasional pada tahun 2025

Misi STIKES Nasional

1 . Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, relevan, berorientasi pada peserta didik dan mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2 . Menyelenggarakan tata pamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.
3 . Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan baik sumber daya manusia maupun prasarana dan sarana secara berkelanjutan sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif dan mampu bersaing secara nasional.
4 . Membangun dan mengembangkan kerja sama dengan institusi pendidikan dan penelitian di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian.
5 . Membangun dan mengembangkan iklim, budaya dan insan akademik yang kompetitif, kompeten, dapat dipercayai dan diandalkan dengan menjunjung tinggi keluhuran budaya dan keberagaman lokal dan nasional.

Tujuan STIKES Nasional

1 . Tercapainya peningkatan pemerataan dan perluasan akses masyarakat dalam memperoleh pendidikan tinggi khususnya pendidikan tenaga kesehatan.
2 . Tercapaianya lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif, berkompeten, dapat dipercayai dan diandalkan serta berbudi pekerti luhur.
3 . Tercapainya peningkatan hasil-hasil penelitian yang relevan dan berkualitas dan adanya peran serta sivitas akademika pada pemberdayaan dan pengembangan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat.
4 . Terwujudnya tata kelola yang yang baik (Good University Governance) dan sesuai dengan perundang-undangan serta tercukupinya sumber daya finansial mandiri untuk tercapainya stabilitas penyelenggaraan pendidikan.
5 . Terbangunnya iklim akademik yang kondusif bagi penyelenggaraan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
6 . Tercapaianya peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang kapabel dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan.
7 . Tercapainya mutu pelayanan pendidikan yang berkualitas dan memuaskan melalui penyediaan fasilitas, prasarana, sarana dan teknologi sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional.
8 . Tercapainya penguatan kerjasama strategis yang saling menguntungkan dengan mitra local dan nasional bahkan internasional bagi peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian.