Tentang STIKES NASIONAL SURAKARTA

STIKES NASIONAL merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Pharmasi Nasional Surakarta yang telah berdiri sejak tahun 12 September 1957. Perjuangan, dedikasi, komitment untuk mencerdaskan dan menyehatkan anak bangsa telah menghasilkan ribuan alumni berkualitas dan berintegritas yang tersebar di seluruh Indonesia baik ditingkat pendidikan menengah yaitu SMF/SMK Nasional, SMAK Nasional maupun jenjang pendidikan tinggi yaitu AAK Nasional (1997) dan AKFAR Nasional (2004). Pada tahun 2016, AAK dan AKFAR Nasional dilebur dan diubah bentuknya menjadi STIKES NASIONAL berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 116/KPT/I/2016 tanggal 10 Maret 2016. Pada awal perkembangannya STIKES Nasional terdiri dari 5 program studi yaitu S1 Farmasi, D IV Fisioterapi, D IV Teknologi Laboratorium Medik/Analis Kesehatan, D III Farmasi dan D III Analis Kesehatan. Program studi –program studi akan terus dikembangkan menurut kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu dan teknologi yang ada baik pada kualitasnya maupun kuantitasnya. Visi STIKES NASIONAL adalah menjadi pusat pengembangan pendidikan tenaga kesehatan yang terpercaya. Sejalan dengan visi tersebut seluruh program studi di STIKES NASIONAL telah menerapkan sistem penjaminan mutu ISO 9001:2008 oleh United Registrar of System dengan sertifikat No: 46092/A/0001/U/En dan setifikat No.46092/A/0001/UK/En dan telah terakreditasi oleh BAN-PT dan atau LAM-PT (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi).

VISI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN NASIONAL
Menjadi Perguruan Tinggi Nasionalis yang Unggul dalam IPTEK Kesehatan di Asia Tenggara pada Tahun 2040

MISI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN NASIONAL
Misi merupakan sesuatu yang harus dilakukan agar visi dapat terwujud. Misi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional adalah sebagai berikut:
1 . Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara profesional, sepenuh hati, unggul dan relevan dengan kemajuan dan perkembangan IPTEK.
2 . Mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM yang unggul serta kecukupan dan modernisasi sumber daya selaras dengan perkembangan dan kemajuan IPTEK.
3 . Menyelenggarakan tata kelola universitas yang baik (good governance) dan berdaya saing unggul.
4 . Membangun kerjasama kemitraan strategis pada tingkat nasional dan internasional.

TUJUAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN NASIONAL
1 . Tercapainya lulusan yang unggul dan berdaya saing global dalam IPTEK Kesehatan serta berkarakter nasionalis dan menjunjung kearifan lokal berlandaskan core value STIKES Nasional. (M1 dan M2)
2 . Tercapainya hasil riset dan inovasi unggul yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan bangsa. (M1 dan M2)
3 . Terwujudnya kemandirian institusi yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kemitraan strategis di dalam dan luar negeri. (M3 dan M4)

NILAI-NILAI DASAR
Nilai-nilai dasar (Core value) STIKES Nasional adalah sebagai berikut :
1 . Competitive. Memiliki daya saing, keunggulan kompetitif (competitive advantage) yaitu kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya dari STIKES Nasional untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perguruan tinggi lain sejenis.
2 . Competent. Memiliki kecakapan, keahlian dan wewenang untuk menentukan sesuatu.
  • Understanding atau pemahaman, yaitu kedalaman kognitif yang dimiliki.
  • Skill atau kemampuan, yaitu sesuatu ketrmpilan atau bakat yang dimiliki oleh indivindu untuk melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.
  • Knowledge atau pengetahuan, yaitu kesadaran dalam bidang kognitif, yaitu mengetahui apa yang harus diperbuat.
  • Interest atau minat, yaitu kecenderungan seseorang yang tinggi terhadap sesuatu atau untuk melakukan sesuatu perbuatan.
  • Attitude atau sikap, yaitu reaksi seseorang terhadap rangsangan yang datang dari luar.
  • Value atau nilai, yaitu suatu standar perilaku atau sikap yang dipercayai secara psikologis telah menyatu dalam diri seseorang.
3 . Trustworthy. Dapat dipercaya, dapat diandalkan, memiliki karakter/watak yang jujur, loyal, bertanggung jawab, disiplin dan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
4 . Nasionalis (cinta bangsa dan tanah air). Memiliki kecintaan kepada bangsa dan tanah air yang diwujudkan dengan kesediaan memberikan pengetahuan, ketrampilan dan bakatnya untuk kemajuan bangsa dan negara.
5 . Keberagaman-kebhinekaan. Memiliki toleransi dan rasa hormat kepada keberagaman, perbedaan dan kebhinekaan, baik itu agama, suku, ras, kelompok maupun golongan. Keberagaman sebagai suatu anugerah untuk membangun, untuk saling melengkapi, saling mendukung demi terwujudnya keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan