DIV Teknologi Laboratorium Medis

Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis STIKES Nasional merupakan program studi yang didirikan pada tahun 2016 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 116/KPT/I/2016 pada tanggal 10 maret 2016. Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis STIKES Nasional memiliki tujuan untuk menghasilkan Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis yang unggul di bidang quality control pemeriksaan Laboratorium Klinik. Masa studi program studi ini berlangsung selama 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun dengan beban kredit semester (SKS) sebesar 147 SKS.

Visi

Menjadi Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis yang bereputasi di tingkat nasional pada tahun 2025 dengan keunggulan di bidang quality control pemeriksaan laboratorium klinik.

Misi

1. Mengembangkan pendidikan Program DIV Teknologi Laboratorium Medis yang unggul dalam kompetensi pelayanan laboratorium secara profesional dan berbasis manajemen mutu.
2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai penunjang kompetensi Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis secara dinamis sesuai kebutuhan masyarakat.
3. Menyelenggarakan pendidikan Teknologi Laboratorium Medis yang bermutu, relevan, dan inovatif serta kompetitif di tingkat Nasional.
4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, untuk peningkatan kurikulum, sumberdaya manusia, sarana prasarana, suasana akademik, dan kualitas pembelajaran.

Sasaran Mutu

1. Penyelenggaraan Program pendidikan dan pengajaran program studi D4 TLM yang mensyaratkan ketersediaan perangkat pembelajaran dan dokumentasi penilaian yang terkendali dan mudah diakses.
2. Penyelenggaraan program akreditasi program studi D4 TLM dengan Peringkat akreditasi program studi “baik sekali” (B) di tahun 2019.
3. Sebanyak 80% lulusan program studi D4 TLM pada setiap angkatan lulus memiliki IPK minimal 3,00 dan masa studi kurang dari 5 tahun.
4. Sebanyak 75% lulusan program studi D4 TLM setiap angkatan lulus diterima pengguna lulusan dengan masa tunggu 0 tahun
5. kurikulum program studi D4 TLM selalu relevan dengan kebutuhan pengguna lulusan dan mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi, dengan mempertimbangkan peralatan dan teknologi yang diterapkan
6. Terlaksananya seluruh kegiatan akademik dan penunjang akademik untuk memenuhi tujuan dan sasaran kegiatan.
7. Partisipasi aktif dan kepuasan seluruh pelaksana kegiatan akademik dan penunjang akademik.