"Merdeka Jiwa Raga, Berkarya Untuk Indonesia"

2021-10-07

Kegiatan Kompetisi Nasional Semarak Kemerdekaan adalah program kerja kolaborasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Nasional dan 4 UKM seni yang ada di STIKES Nasional yaitu UKM Band STIKES Nasional,UKM Tari Tradisional,UKM Dance STIKES Nasional dan UKM PSM STIKES Nasional. Kegiatan ini ditujukan guna memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 76. Tema kegiatan adalah "Merdeka Jiwa Raga, Berkarya Untuk Indonesia" yang berarti walaupun kita semua berada ditengah pandemi,namun hal itu tidak menjadikan kita tidak bisa berkarya untuk Indonesia. Karna kita adalah pemuda Indonesia dan yang muda,yang berkarya.

Kegiatan Kompetisi Nasional Semarak Kemerdekaan 2021 dimulai pada tanggal 17 Juli - 5 Agustus 2021 untuk pendaftaran, ketika memasuki pekan ketiga pendaftar membludak hingga didapatkan data akhir jumlah peserta pada lomba dance adalah 30 grup,jumlah peserta pada lomba PSM adalah 11 grup,jumlah peserta pada lomba dance adalah 30 grup dan jumlah peserta pada lomba band adalah 17 grup dengan total keseluruhan dari 12 provinsi yang berbeda diseluruh Indonesia. Jumlah peserta pada tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan dari jumlah peserta pada kegiatan Kompetisi Nasional Semarak Kemerdekaan tahun lalu.

Pada tanggal 1 - 11 Agustus 2021 merupakan timeline pengumpulan video perlombaan,tanggal 13 - 15 Agustus untuk publikasi video di Instagram @semarak_kemerdekaan2021, tanggal 14 - 16 Agustus 2021 dilaksanakan penilaian oleh dewan juri,didapatkan hasil penjurian :

  1. Kompetisi Dance
  2. Juara I : Recycle Crew – Jawa Timur
  3. Juara II : EUFO – Jawa Tengah
  4. Juara III : Quality Dance Crew – Jakarta Timur

 

  1. Kompetisi Band
  2. Juara I : Qwarted GRG Band – Jakarta Timur
  3. Juara II : Shosha Band - Jawa Timur
  4. Juara III : Skubidu Band – Jawa Tengah

 

  1. Kompetisi Tari Tradisional
  2. Juara I : Hanebu Sauyun – Jawa Tengah
  3. Juara II : New Pandawa – Jawa Barat
  4. Juara III : Paramesti Dance Crew – Jawa Timur

 

  1. Kompetisi Paduan Suara
  2. Juara I : Vocal Grup SMA Labsky – Jakarta Selatan
  3. Juara II : Mandaku Voice – DIY
  4. Juara III : MAN1STIK – Jawa Tengah

 

Dalam Kompetisi Nasional Semarak Kemerdekaan kali ini juga mengadakan kejuaraan favorit yang dipilih berdasarkan like terbanyak dari video peserta yang diunggah dalam instagram @semarak_kemerdekaan2021

  1. Juara favorit I : Sintanauli – Sumatera Utara
  2. Juara favorit II : Melody Band – DIY

Kegiatan Kompetisi Nasional Semarak Kemerdekaan diakhiri dengan puncak acara Awarding semarak Kemerdekaan 2021 pada tanggal 17 agustus 2021 melalui Zoom Meeting. Seluruh peserta mengikuti serangkaian kegiatan dengan antusias,kegiatan ini dihadiri oleh seluruh peserta dari tiap grup, bapak apt.,Hartono, M.Si selaku ketua STIKES Nasional,bapak Ardy Prian Nirwana, S.Pd.Bio., M.Si. selaku Wakil Ketua III STIKES Nasional, dan bapak Diyono, S.Fis., M.Or. selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan STIKES Nasional, kegiatan ini juga mengundang dewan juri masing-masing perlombaan guna memberi evaluasi untuk karya yang telah dikirimkan. Dewan juri dari lomba band, tari dan paduan suara dapat hadir dalam Zoom Meeting, namun dewan juri lomba dance tidak dapat hadir dalam Zoom Meeting dikarenakan sedang mengajar dance pada studio miliknya, karena hal itu panitia mengantisipasi dengan meminta dewan juri dari lomba dance untuk dapat mengirimkan video berisikan evaluasi untuk karya yang telah dikirimkan pada lomba dance sehingga acara Awarding tetap berjalan dengan maksimal.