“Nasional Sport Physio” Menjadi Team Medis Ajang Warga Basketball Tournament

2019-11-26

Bukan untuk pertama kalinya Nasional Sport Physio menjadi team medis untuk sebuah ajang bergengsi di kota Surakarta, sebelumnya study klub dari Program Studi DIV Fisioterapi yang hampir genap berusia 2 tahun ini telah dipilih untuk menjadi team medis dalam beberapa tournament, diantaranya adalah event 3 on 3 Basketball yang diadakan oleh Bhineka Basketball di Hartono Mall Solo Baru yang bertajuk 3 x 3 Fun at The Mall, dan beberapa event tournament lainnya.

“Banyak sisi lain yang juga perlu diperhatian serius dalam sebuah event olahraga. Utamanya soal keselamatan para pemain di lapangan. Maka dari itu diperlukan team medis yang mumpuni dan mengerti tentang penanganan kasus-kasus cidera yang biasanya terjadi di dalam pertandingan” jawab Binuko Amarseto selaku Ketua Program Studi DIV Fisioterapi STIKES Nasional saat menjawab pertanyaan seberapa penting adanya sebuah team medis dalam event olaharga. Selain itu, dengan mengajak mahasiswa berpartisipasi langsung dalam acara tersebut diharapkan mahasiswa akan dapat mengasah mental dalam menghadapi kasus-kasus cidera secara langsung, mengajak mengamati dan memberikan kesempatan menangani dengan pengawasan. Mengikuti study klub yang berfokus kepada Fisioterapi Olaharaga adalah salah satu cara untuk memperluas keilmuan Fisioterapi Olahraga.

Mahasiswa yang mengikuti study club ini akan mendapatkan materi praktik dari dosen pembimbing yang bertugas jaga dalam event tersebut, selain itu mereka menjadi asisten langsung saat dosen menangani, dan belajar langsung menerapkan ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan di kampus dengan pengawasan langsung dosen pembimbing.

“Sebuah pengalaman yang luar biasa dapat berpartisipasi dalam event ini, menjadi team medis dalam sebuah tournament dengan pengawasan dosen pembimbing langsung ternyata memberikan wawasan langsung bagaimana berhadapan dengan pasien yang mengeluhkan cidera, dan dapat mempraktikan langsung proses assessment dan pemeriksaan yang didapatkan di kampus” kata Qusay mahasiswa yang bergabung dalam Nasional Sport Physio.

Apresiasi juga diberikan dari Bapak Purwoto, selaku kepala Sekolah SMA Warga Surakarta, beliau berterima kasih atas support yang diberikan oleh Nasional Sport Physio dalam menjalankan tugasnya sebagai team medis dalam acara yang digelar untuk memperingati hari ulang tahun Yayasan Pendidikan Warga Surakarta ke 115.