“SATURNUS (Skill, Attitude, and Rationality of Youths)” Menjadi Tema PKKMB STIKES Nasional 2021

2021-10-07

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) agar mahasiswa dapat memiliki gambaran kedewasaan diri dan kemandirian dalam menempuh pendidikan di lingkungan perguruan tinggi. Kegiatan ini ditujukan kepada mahasiswa dan mahasiwi baru STIKES Nasional tahun 2021/2022. PKKMB ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Kegiatan PKKMB diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Tema kegiatan yang diusung pada PKKMB tahun ini yaitu “SATURNUS (Skill, Attitude, and Rationality of Youths)” .

Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 10,13-15 September 2021. Seluruh kegiatan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom meeting.  Pada hari jumat 10 September 2021 dilakukan technical meeting sebagai persiapan kepada mahasiswa dan mahasiwi baru STIKES Nasional tahun 2021/2022 untuk mengikuti kegiatan PKKMB Institusi 2021. Senin 13 September 2021 hari pertama PKKMB institusi yang dimulai dengan Kegiatan Sidang Senat Terbuka Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 dengan diagenda Pembukaan dan Pelantikan Mahasiswa Baru STIKES Nasional 2021/2022. Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswa baru dan civitas akademika  STIKES Nasional. Kemudian acara dilanjutkan pada jam 13.00 WIB dilakukan absensi serta pengumpulan penugasan. Kemudian dilanjutkan penampilan video sambutan untuk mahasiswa baru dan video dikti bela negara. Selanjutnya penyampaian materi bela negara yang disampaikan oleh Bapak Lettu CKM Rudy Setiawan. Dilanjutkan penyampaian materi pengenalan system pendidikan tinggi di STIKES Nasional oleh Ibu apt. C.E Dhurhania, S.Farm., M.Sc.

Selasa 14 September 2021 merupakan hari ke 2 PKKMB Institusi dimulai pada jam 08.00 WIB dilakukan absensi serta pengumpulan penugasan. Dilanjutkan penyampaian materi General Education  oleh Dr. Didik Wahyudi, M. Si kemudian penyampaian materi revolusi mental oleh saudari Zakky Musthofa Zuhad . Dilanjutkan dengan materi Revolusi Industri 4.0 oleh dr. Nengah Adyana Oka Manuaba, M. Kes. Kemudian penyampaian materi sistem keuangan di STIKES Nasional oleh ibu Yusianti Silviani, S.Pd. Bio., M.Pd. Rabu, 15 September 2021 merupakan hari terakhir PKKMB Institusi dimulai pada jam 08.00 WIB dilakukan absensi serta pengumpulan penugasan. Penyampaian materi anti narkoba dan pelecehan sexual oleh Maria Odelia selaku perwakilan dari Duta Genre dilanjutkan penyampaian materi Sistem Pendidikan di STIKES Nasional yang disampaikan oleh bu Yuli Mardyastuti, serta adanya sharing ORMAWA yang dihadiri oleh perwakilan dari SEMA yaitu saudari Dita Nova Saputri, BEM oleh saudari Annisa Puspa serta KSR oleh saudari Mita Riana, ditutup dengan penggambilan video untuk After Movie.

Seluruh peserta PKKMB Institusi 2021 mengikuti rangkaian kegiatan dengan tertib dan penuh antusias dengan memberikan berbagai pertanyaan pada setiap pemateri yang hadir pada sesi tanya jawab.