“Touring and Learning" IKM 2019

2019-09-09

STIKES Nasional merupakan lembaga perguruan tinggi yang berperan  dalam  bidang kesehatan yang tidak lepas dari peran mahasiswa sebagai obyek pembelajaran. Sesuai dengan salah satu misinya yaitu  mengembangkan  dan meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan baik sumber daya manusia maupun prasarana dan sarana secara berkelanjutan sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif dan mampu bersaing secara nasional. Maka dari itu, memberikan gambaran mengenai suasana di tempat  kerja sangatlah penting agar mahasiswa memiliki bekal wawasan dan lebih siap dalam menghadapai dunia kerja.

Sebagai langkah peningkatan mutu akademik yang membuat karakter kuat dan utuh dalam mewujudkan mahasiswa yang aktif, intelektual dan berpandangan terbuka, sebagai salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan dan Penelitian Ikatan Keluarga Mahasiswa Prodi D-III Analis Kesehatan mengadakan kegiatan kunjungan dengan tema“Touring and Learning“. Pada kegiatan “Touring and Learning“ ini bertujuan untuk untuk mengenalkan dunia kerja kepada mahasiswa, sehingga dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja khususnya dalam bidang Analis Kesehatan, untuk menambah wawasan mengenai dunia kerja khususnya dalam bidang Analis Kesehatan, untuk mempererat tali silaturrahmi dan meningkatkan  pengembangan keilmuan di bidang Analis Kesehatan.

Pada kegiatan Touring and Learning dilaksanakan pada hari Senin, 05 Agustus 2019 bertempat di Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Yogyakarta dan Laboratorium Bioteknologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Pada kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa tingkat dua (II)  Prodi D-III Analis Kesehatan STIKES Nasional dan di damping oleh beberapa dosen pendamping.

Pada saat  berada di Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Yogyakarta semua mahasiswa baik panitia maupun dosen pendamping  mengikuti acara mini seminar di aula, dimana di dalam aula tersebut dilakukan pemaparan materi dan pengenalan Laboratorium di dalam Lab.Kesehatan Yogyakarta. Setelah dilakukan pemaparan materi oleh Ibu Martina Sattiti, B. Sc, ST tentang profil BLK, dilanjutkan materi Lab.Patologi & Imunologi oleh dr. Woro Umiratih, Sp. PK, M. Kes dan materi Lab. Mikrobiologi & Media oleh Dra. Darwani, M. Sc dan materi terakhir tentang Lab. Kimia Lingkungan di sampaikan oleh Bp. Hari Waluyo, SJM., M.Kes.

Setelah dilakukan pemaparan materi peserta dibagi menjadi 6 kelompok besar dan dilakukan tour de lab, setelah selesai pada tempat tersebut kemudian beralih ke Laboratorium Bioteknologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta dimana pada tempat ini hampir sama dengan yang di balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Yogyakarta namun pada Laboratorium Bioteknologi ini melakukan pemeriksaan yang lebih canggih  salah satunya dengan cara PCR, dimana pada tempat ini mahasiswa dapat melihat berbagai jenis pengkulturan mulai dari sel tumbuhan hingga pada sel hewan.