Audiensi Mahasiswa Angkat Efektivitas Perkuliahan Secara Daring dan Perkuliahan Secara Luring

2021-07-12

Audiensi II KM STIKES Nasional merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Komisi III “Aspirasi dan Riset” dari Senat Mahasiswa STIKES Nasional. Tujuan diselenggarakannya audiensi ini adalah sebagai wadah aspirasi seluruh mahasiswa STIKES Nasional dalam menyampaikan hak mereka untuk  berpendapat, memberi kritikan, memberi masukan atau saran untuk memperbaiki kuantitas dan kualitas yang berhubungan dengan kampus, dan juga keluh kesah serta kesan pesan selama perkuliahan online berlangsung.

Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 5 Juni 2021 mulai dari pukul 09.00 WIB – 12.30. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 ini, maka untuk kedua kalinya juga audiensi pada tahun ini diselenggarakan secara Online menggunakan media platform Zoom Meeting. Tema yang diangkat pada Audiensi KM STIKES Nasional 2020/2021 kali ini adalah “Efektivitas Perkuliahan Secara Daring dan Perkuliahan Secara Luring”.

Pihak dari STIKES Nasional pada akhirnya sudah membuka kesempatan yang mungkin sudah ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa, yaitu perkuliahan secara luring. Pemberitahuan berupa surat edaran yang sudah dibagikan ke setiap grup prodi melalui WhatsApp dan surat tersebut berisi tentang kesediaan dan perijinan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan praktik secara luring. Tentu saja, hal ini tidak semata-mata menjadi hal yang mudah dan meyakinkan seluruh mahasiswa. Pasti terdapat pro-kontra untuk kesempatan ini. Tetapi pihak kampus pun tidak memaksa untuk mengikut perkuliahan luring ini, karena kampus pun mengembalikan keputusan ini kepada mahasiswa dan persetujuan dari orang tua mahasiswa.

Acara ini berisi sambutan dari Bapak Hartono M.Si., Apt selaku Ketua STIKES Nasional dan juga acara ini diikuti tamu-tamu undangan, dan tentunya juga para perwakilan mahasiswa dari 2 perwakilan dari setiap ORMAWA, UKM, dan mahasiswa perwakilan setiap kelas. Acara berjalan dengan lancar dan baik, mahasiswa juga sudah diberi kesempatan untuk bertanya dan memngutarakan idenya. Sehingga harapannya semua mahasiswa yang mengikuti audiensi ini dapat menyimak hasil paparan yang sudah dijelaskan oleh petinggi, pihak-pihak yang berwenang menyampaikan, dan juga dosen STIKES Nasional.

Harapan kami setelah acara ini, mahasiswa sudah mendapatkan gambaran dan jawaban atas apa yang sudah mereka keluh kesahkan terkait kuliah daring dan luring selama pandemi ini. Dan acara ditutup dengan sesi foto bersama dengan tamu undangan yang bersangkutan dan juga seluruh audiensi yang sudah mengikuti sesi acara ini hingga akhir