BICROMAT 2019 “Healthy Skin Care for Beauty Skin"

2019-06-28

Ilmu pengetahuan sangat berkembang pesat dan meluas seiring dengan kemajuan teknologi dan Jaman yang semakin modern. Tidak terkecuali dibidang kesehatan mengingat semakin meluasnya jenis penyakit dan berbagai macam cara pengobatan semakin menuntut kemajuan dunia kesehatan terlebih didunia farmasi. Farmasi sangat berperan penting dalam dunia kesehatan karena selain menjadi ujung tombak untuk pengobatan, farmasi juga mempelajari berbagai jenis penyakit dan bagaimana cara mengenalinya sampai dengan pengobatannya.  Pada generasi milenial sekarang ini,farmasi menjadi bidang ilmu yang menarik, Tidak hanya soal obat-obatan tetapi juga tentang kosmetika dan skin care

Sabtu 22 Juni 2019 Keluarga Mahasiswa Farmasi (KMF) yang merupakan himpunan mahasiswa prodi D III Farmasi STIKES Nasional baru baru ini mengadakan ajang kompetisi Olimpiade Farmasi yang sangat bergensi tingkat Jawa Tengah. Mengangkat tema  BICROMAT (Big Competition of Pharmacist Olympiade for Millenial Generation) 2019 yaitu "Healthy Skin Care for Beauty Skin", sesuai dengan range usia dari peserta dan panitia yang termasuk Millenial Generation yang sedang hobi-hobi nya menggunakan skin care untuk menunjang penampilan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan terlebih dibidang farmasi dan mengasah kemampuan untuk menambah wawasan dan keterampilan

BICROMAT 2019 diikuti oleh SMA dan SMK yang ada di Jawa Tengah  antara lain SMA N 7 Surakarta, SMK Muhamadiyah Bligo Pekalongan, SMA Muhamadiyah 4 Sragen, SMK Astra Mitra Purwodado dan masih banyak lagi yang mengikuti acara ini. Dalam Kompetisi  kali ini dibagi menjadi 3 babak yaitu babak penyisihan dengan metode uji tulis, babak semi final dengan metode study kasus dan babak final dengan metode cerdas cermat. Pada babak penyisihan dengan diikuti semua team yang kemudian diambil 6 team untuk lanjut ke babak final setelah itu lanjut menuju babak final untuk 3 team yang lolos pada babak semi final.

Juara pertama sendiri didaptkan oleh SMA MTA SURAKARTA dengan hadiah uang tunai sebesar 3.000.000, trohpy juara dan trophy bergilir walikota Surakarta, juara kedua diraih oleh SMK MUHAMMADIYAH 4 SRAGEN dengan total hadiah 2.000.000 dan trophy, yang terakhir yaitu juara ketiga berhasil diraih oleh SMA WIDYA WACANA dengan total hadiah 1.000.000 dan trophy.

Antusiasme peserta yang mengikuti acara ini terlihat jelas karena selain acara kompetisi,  Pada BICROMAT 2019 ini juga dilakukan kegiatan "Tour the Lab" dengan tujuan mengenalkan laboraturium-laboraturium yang ada di STIKES NASIONAL untuk menambah pengetahuan tentang dunia Kesehatan khususnya Farmasi. Laboraturium yang dikunjungi antara lain laboraturium Resep, Farmakologi, Mikrobiologi, Kimia, Obat Tradisional dan masih banyak lagi. Selain itu dalam acara ini juga menampilkan banyak hiburan dan juga doorprize.  STIKES Nasional sendiri memiliki dua prodi di bidang Farmasi yaitu S1 Farmasi dan juga D3 Farmasi.