Bedah Administrasi Keluarga Mahasiswa STIKES Nasional 2025

Selasa,04 Maret 2025

Bedah Administrasi dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2025 secara offline di STIKES Nasional tepatnya di ruang 1302. Acara tersebut bertujuan untuk menjelaskan alur pengajuan proposal, laporan kegiatan beserta format dan isinya. Dalam kegiatan ini pembiacara pertama adalah Fransisca Pingky Artha Mevia anggota kepengurusan SEMA dan pembicara kedua adalah Laily Syahda Ismoyo Putri anggota kepengurusan BEM yang menyampaikan materi tata administrasi mengenai Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dan materi tata administrasi mengenai proposal baik kegiatan maupun tahunan, yang bertujuan untuk menyadarkan organisasi mahasiswa akan kewajiban pokoknya dalam melaksanakan kegiatan kemahasiswaan.

Kegiatan Bedah Administrasi ini dimulai pada pukul 08.00 WIB lalu dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana, sambutan Bagian Kemahasiswaan, menyanyikan lagu Indonesian Raya, Mars STIKES Nasional , dan Hymne STIKES Nasional. Kemudian pada pukul 09.00-12.00 WIB masuk pada inti acara yaitu pemaparan materi. Sebelum memasuki acara inti, mahasiswa diberikan soal pretest untuk mengetahui sampai mana pemahaman sistematika dan pengelolaan organisasi masing- masing.

Materi yang pertama adalah materi tata administrasi proposal, terdiri dari materi tata administrasi proposal kegiatan dan materi proposal administrasi tahunan yaitu berupa format dan isi penyusunan proposal legiatan maupun tahunan yang dipaparkan oleh pemateri. Pemaparan materi ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan informasi kepada mahasiswa terkait pembuatan proposal yang termasuk syarat melaksanakan kegiatan ORMAWA, HMP, dan UKM. Dilanjutkan dengan tanya jawab dan soal kasus dengan durasi waktu 15 menit. Setelah materi pertama tersampaikan, materi yang kedua adalah materi tata administrasi LPJ yang terdiri dari format dan isi penyusunan laporan pertanggung jawaban kegiatan maupun tahunan yang dipaparkan oleh pemateri. Pemaparan materi ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa terkait pembuatan LPJ. LPJ ini dibuat setelah melakukan kegiatan ORMAWA, HMP, dan UKM.

Setelah itu pemaparan materi surat menyurat yang dipaparkan oleh pemateri, yang bertujuan untuk memberi pemahaman dan informasi kepada mahasiswa terkait surat menyurat untuk mencapai output yang maksima, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai alur pengajuan data administrasi serta pemberitahuan mengenai pembagian penanggung jawaban dan monitoring ORMAWA. Di akhir sesi, mahasiswa diberikan soal postest untuk mengetahui mahasiswa mengenai pemahaman sistematika dan pengelolaan organisasi masing-masing. Kemudian penutupan acara yang dipandu oleh MC, acara ini selesai pada pukul 12.00 WIB