Diklatsar SINAMPALA STIKES Nasional “ Jawaban dari Segala Pertanyaan Tentang Alam Akan Di Jawab Oleh Alam’’

2019-03-26

STIKES Nasional Mahasiswa Pecinta Alam (SINAMPALA) telah mengadakan Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) yang bertempat di Kampus Kwarasan STIKES Nasional & Tlogo Dringo Karanganyar. Pada acara Diklatsar, SINAMPALA menggandeng Tim SAR sebagai pembimbing sekaligus pemateri. Acara Diklatsar dihadiri oleh perwakilan Kemahasiswaan STIKES Nasional, SENAT Mahasiswa, BEM, dan anggota SINAMPALA dari angkatan pertama. Tak hanya dari Tim SAR, KSR juga turut menjadi pemateri, selain itu KSR juga sebagai tenaga medis.

Diklatsar kali ini mengangkat tema “Aksi lestari beraksi membangun solidaritas dan totalitas untuk kelestarian melalui pendidikan dan latihan dasar”. Tema tersebut memiliki makna sebuah ajakan untuk membangun rasa kebersamaan dan kepedulian semaksimal mungkin melalui pendidikan dan latihan dasar, serta tetap menjaga kelestarian alam, diharapkan akan menjadikan dampak positif bagi peserta diklatsar dan menghasilkan generasi mahasiswa pecinta alam yang benar-benar menjaga kelestarian alamnya.

Pada diklat lapang peserta berangkat dari kampus STIKES Nasional menuju tempat diklat dengan menggunakan armada truck dan di turunkan di Sekipan untuk melakukan agenda pertama yaitu Longmarch. Longmarch di mulai dari Sekipan sampai Tlogo Dringo dengan jalan kaki. Sesampainya di Tlogo Dringo peserta di wajibkan beristirahat, karena keesokan harinya masih ada kegiatan lain, sehingga peserta harus mempersiapkan energinya agar bisa mengikuti kegiatan dengan lancar.

Dalam Diklatsar SINAMPALA STIKES Nasional ini terbentuk rasa solidaritas antar anggota dan semangat dalam menyelesaikan tugas. Di hari terakhir Diklatsar peserta mengaplikasikan materi yang diberikan saat diklat ruang, dengan adanya Diklatsar ini peserta semakin kaya ilmu, dan rasa kecintaan terhadap alam semakin besar. Lelah tak jadi halangan, rasa ingin tahu terhadap ilmu alam semakin muncul, dan jawaban dari segala pertanyaan tentang alam akan di jawab oleh alam.