KSR STIKES Nasional Edukasi Masyarakat tentang Bahaya Tindakan Bullying dan Kekerasan Sexual

2021-01-25

Solo, STIKES Nasional – Dengan tema Learn The Fact About Sexual Violence and Bullying. KSR unit STIKES Nasional gelar kegiatan webinar pada tanggal 26 Desember 2020. Dengan tema tersebut untuk memberikan edukasi dan membantu masyarakat terutama pada remaja mengenai arti dan dampak dari bullying dan sexual violence. Dalam kesempatan webinar kali ini, KSR STIKES Nasional mengundang salah satu dosen STIKES Nasional yaitu dr. Endang Widyastuti, M.Gizi dan Mahasiswa S1 Farmasi,  saudara Jont Faisyal sebagai pembicara.

Perilaku bullying banyak terjadi di Indonesia. Perilaku dan korban kebanyakan masih berada di usia remaja. Meskipun tindakan bullying masih banyak terjadi, tetapi masyarakat masih cukup awam terhadap hal-hal tersebut dan menganggap itu bukan hal yang perlu di tindaklanjuti. Tindakan bullying dapat terjadi akibat kurangnya pengetahuan mengenai apa itu dan seperti apa dampak dari bullying sehingga banyak orang yang melakukan tindakan tersebut tanpa mengetahui bahwa hal itu termasuk dalam bullying.

Untuk itu, dalam memberikan upaya edukasi kepada masyarakat terutama pada remaja mengenai bullying dan kekerasan seksual maka KSR Unit STIKES Nasional mengadakan kegiatan Webinar dengan tema Bullying dan bagaimana dampak dan pencegahan dari perilaku tersebut.

Tak hanya itu, KSR Unit STIKES Nasional juga mengadakan Webinar dengan tema Sexual Violence yang membahas mengenai kekerasan seksual. Tema ini diangkat karena masih banyak perilaku kekerasan seksual yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Hal tersebut dikarenakan minimnya pemahaman masyarakat mengenai apa itu dan apakah dampak dari kekerasan seksual. Sering terjadi tindak kekerasan seksual tetapi masyarakat tidak mengetahui bahwa tindakan tersebut sudah masuk dalam kategori kekerasan seksual karena kekurang pahaman tentang sex education yang masih dianggap tabu oleh masyarakat di Indonesia.

Kegiatan Webinar ini dilakukan secara online dan tentunya juga menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dengan mengikuti webinar dari rumah masing-masing. Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menambah wawasan mengenai bullying dan sexual violence.

Dengan adanya kegiatan Webinar ini, KSR Unit STIKES Nasional berharap agar masyarakat semakin memahami tentang apa itu dan bagaimana dampak dari bullying dan kekerasan seksual,sehingga masyarakat dapat mencegah dan menghindari hal tersebut.