Kuliah Pakar dan In House Training

2020-03-06

Februari 2020, mengawali tahun baru ini Program Studi Diploma IV Fisioterapi STIKES Nasional menyelenggarakan kegiatan Kuliah Pakar dan In House Training. Kuliah pakar yang bertemakan “Neurodiagnostic in Physical Therapy” ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fisioterapi dari angkatan 2017 hingga 2019. Bagi angkatan 2017, materi ini sebagai materi tambahan yang sudah mereka dapatkan sebelumnya, dan bagi angkatan 2018-2019 ini merupakan materi pengenalan awal untuk mengetahui salah satu konsep fisioterapis dalam hal menegakkan diagnosis kepada pasien. Proses diagnosis dilakukan untuk mengatur dan menafsirkan semua informasi relevan yang dikumpulkan. Proses ini meliputi mendapatkan riwayat yang relevan dan melakukan tinjauan sistem, sambil juga memilih dan mengelola tes dan tindakan spesifik. Bapak dan Ibu dosen Program Studi juga turut menjadi peserta dalam Kuliah Pakar yang di narasumberi oleh Pak Heru Purbo Kuntono, Dipl.PT.,M.Kes dan rekan beliau Pak Aditya Johan Romadhon, SST.FT.,M.Fis. Antusiasme mahasiswa terlihat ketika pak Heru memberikan waktu untuk bertanya dan berdiskusi lebih dalam bagaimana proses nyeri menjadi sinyal untuk Fisioterapis menegakan diagnosis serta prognosis keberhasilan terapi yang diberikan melalui Electrical Stimulation (ES).

Kuliah pakar yang berjalan kurang lebih selama 3 jam ini menjadi sesi yang semakin menarik ketika dilanjutkan ke sesi workshop. In House Training atau workshop yang memang dikhususkan untuk Bapak dan Ibu dosen program studi ini bertemakan “Electrodiagnosis for Lower Motor Neuron Lession”. Dimana Pak Heru dan Pak Aditya memberikan demonstrasi penerapan Electrical Stimulation (ES) yang dikombinasikan dengan Ultrasound untuk menegakan diagnosis fisioterapi. Tanpa terasa sesi praktik yang berjalan selama 2 jam selesai dengan sangat berkesan. Selain sharing ilmu pengetahuan, Bapak dan ibu dosen juga sharing tentang kendala yang biasa dihadapi saat melakukan proses belajar mengajar.  

 

Dari acara ini, Program Studi Fisioterapi STIKES Nasional juga berharap dapat menjadi awal yang baik untuk mengsingkronkan keilmuan dan persepsi belajar menganjar, karena lewat ini saling sharing inilah update informasi dan saling bertukar pemikiran mampu menambah wawasan bagi kedua pihak. Diakhir acara Ketua Progam Studi DIV Fisioterapi Bapak Binuko Amarseto, S.ST.Ft., M.Or mengucapkan terima kasih kepada kedua narasumber yang telah membagi ilmu dan ikut menanamkan motivasi untuk bangga menjadi seorang Fisioterapis kedepanya kepada seluruh mahasiswa di Program Studi. Selain itu juga Ketua Program Studi DIV Fisioterapi mengucapkan terima kasih kepada Tim Alat Kesehatan BTL Solo yang juga ikut memfasilitasi alat dalam penyelenggaraan kegiatan In House Training ini.