MANAJEMEN STRESS UNTUK REMAJA MASA KINI Mini seminar bersama SMK Bhakti Insani

Selasa,05 Maret 2019

STIKES Nasional sebagai salah satu perguruan tinggi di bidang kesehatan mengadakan  mini class bertajuk “Manajemen Stress untuk Remaja Masa Kini” yang bekerja sama dengan SMK Bhakti Insani Klaten untuk memberikan pengetahuan mengenai pengendalian stress pada remaja. Narasumber pertama, dr. Endang Widhyastuti, mengungkapkan bahwa sebagai seorang remaja yang masih rentan terhadap berbagai persoalan hidup, seringkali ketika menghadapi suatu masalah, hal tersebut menjadi sebuah tekanan. Hal ini disebabkan karena masa remaja adalah masa pergolakan yang diisi dengan konflik dan mood yang mudah berganti-ganti. “Stress bisa membawa ke arah negatif, seperti kesulitan dalam bersosialisasi, kesulitan belajar, tiba-tiba menarik diri dari lingkungan atau menyendiri, minder, marah, depresi, dan juga dapat menimbulkan masalah perilaku seperti tawuran, penyalahgunaan obat-obat terlarang dan minuman keras”, ungkapnya.

Narasumber kedua, Atur Semartini, S.S., M.Hum justru menganggap sejatinya stress dapat memberikan efek positif bagi mental seseorang yang mampu memanajemen atau mengendalikannya. Karena stress mampu mendorong atau memberikan motivasi bagi individu untuk melakukan tindakan, perbuatan, ucapan dan membangkitkan kesadaran serta menghadirkan pengalaman baru dalam kehidupan. “Stress bukan merupakan suatu kondisi atau situasi, tetapi bagaimana cara kita menanggapi suatu kondisi atau situasi tersebut. Ketika ada suatu masalah kita menghadapi dengan tenang dan berjalan seperti apa adanya, tentu stress itu tidak akan terjadi”, ungkapnya. Beliau menambahkan mengenai bagaimana cara dalam menghadapi stress, yaitu dengan istirahat yang cukup, membuat list prioritas tentang apa yang akan dikerjakan, dan berdoa untuk meraih setiap cita-cita dan tujuan hidup yang telah dibuat oleh diri sendiri.

Selain itu, STIKES Nasional juga mengadakan workshop terkait dengan pengendalian stress pada remaja mulai dari pembuatan aromatherapy hingga melakukan analisis dan relaksasi yang diisi oleh perwakilan dari seluruh program studi yang ada di STIKES Nasional, mulai dari D-IV Fisioterapi, D-III Analis Kesehatan dan D-IV Teknologi Laboratotium Medis, serta D-III Farmasi dan S-I Farmasi. Acara ini juga menjadi ajang mahasiswa STIKES Nasional untuk melaksanakan promosi kesehatan kepada masyarakat luas terutama siswa remaja di SMK Bhakti Insani Klaten dengan melakukan edukasi tentang manajemen stress