Memperingati HUT RI KE-74 Tahun 2019, STIKES Nasional Menggelar Upacara Bendera

2019-09-23

Hari Kemerdekaan Republik Iindonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya yang merupakan hari pertama kali dideklarasikannya proklamasi dan kemerdekaan Indonesia yang dinyatakan oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Salah satu cara menghargai dan mengenang jasa para pahlawan adalah melakukan upacara pengibaran bendera merah putih setiap tanggal 17 Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam hal tersebut, STIKES Nasional juga ikut mengadakan upacara bendera merah putih yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 bertempat di Halaman Upacara STIKES Nasional.

Kegiatan tersebut merupakan program kerja tahunan dari Senat Mahasiswa (SEMA) yang didasari atas sikap menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan dan memberikan kemerdekaan untuk seluruh Rakyat Indonesia. Petugas upacara terdiri atas Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) sebagai komandan upacara, Perwakilan Organisasi Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa. Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 09.00 WIB yang diikuti oleh seluruh Dosen, Staff, Karyawan, Organisasi Mahasiswa dan Mahasiswa/i STIKES Nasional. Dalam kesempatan upacara ini, Bapak Hartono M.Si.,Apt selaku Ketua STIKES Nasional yang juga berkesempatan menjadi Inspektur Upacara. Tema yang diambil oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan RI yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan.

Bapak Hartono M.Si.,Apt berpesan kepada mahasiswa/i agar menjadi mahasiswa/i yang dapat menjadi agen perubahan yang dinanti oleh bangsa ini dalam menjawab segala tantangan yang ada dan menjadi SDM yang unggul di era ini. Dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang selaras dengan tujuan STIKES Nasional yaitu menciptakan mahasiswa yang competent, competitive, trustworthy.

Pelaksanaan Upacara berjalan dengan penuh khidmat dan lancar. Dengan adanya upacara ini diharapkan mahasiswa/i dapat mengenang kembali jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dan membangkitkan rasa nasionalisme dan patroitisme dalam meneruskan perjuangan para pahlawan. Dengan menjadi agen perubahan bangsa yang menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas menuju Indonesia maju.