Menapaki Tahap Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal

2020-02-07

Lembaga Penjaminan Mutu STIKES Nasional mengawali tahun 2020 dengan Pelatihan yang Bertajuk “Bimbingan Teknis Management Tool untuk Evaluasi Diri” Pada hari Selasa, 28 Januari 2020. Pelatihan ini bertujuan memperkenalkan berbagai perangkat dalam manajemen kepada seluruh pemangku jabatan Struktural di STIKES Nasional. Perangkat Manajemen tersebut diharapkan dapat diaplikasikan pada bidang masing-masing, sebagai alat bantu dalam menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal.

Pelatihan Management Tools ini diikuti oleh 37 orang dari 40 target peserta yang diharapkan. Kali ini, target pesertanya tidak hanya pemangku jabatan struktural STIKES Nasional, namun juga gugus tugas (divisi) pada program studi di STIKES Nasional.  

Materi pelatihan dibawakan secara dinamis oleh Bagus Suminar, S.E., S.Psi., M.M dari Lembaga Mutu Pendidikan, Surabaya. Narasumber dipilih sebagai trainer dengan latar belakang pendidikan Manajemen, dari lembaga yang berpengalaman dalam menyelenggarakan pelatihan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Dengan demikian, penjelasan keilmuan yang disampaikan akan didukung dengan konteks-konteks dan permasalahan yang relevan dalam dunia pendidikan.

Sebagai sebuah pengenalan, kegiatan ini perlu ditindaklanjuti dengan workshop pengunaan perangkat manajemen yang lebih spesifik. Dengan demikian, peserta tidak hanya mengetahui berbagai perangkat manajemen dalam berbagai proses pengelolaan pendidikan tinggi. Namun peserta juga dapat menerapkan secara tepat perangkat tersebut, untuk agar dapat mencapai Tujuan baik pada unit kerja masing-masing maupun untuk STIKES Nasional secara Efisien.