One Nation One Unity Bangsa Bersatu Indonesia Maju

2020-10-02

Agustus merupakan bulan yang identik dengan bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, dimana pada tanggal 17 Agustus adalah saat pertama kali Presiden RI pertama yaitu  Ir. Soekarno membacakan proklamasi untuk menyatakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Akan tetapi, kondisi nagara tercinta kita saat ini sedang berduka. Pada tanggal 12 Februari 2020 WHO resmi menetapkan penyakit Novel Coronavirus dan Coronavirus Disesea (COVID-19). Tentu hal ini menjadi penghalang berlangsungnya kegiatan peringatan kemerdekaan seperti sebagaimana mestinya. Namun dengan adanya pandemi ini tidak menjadikan semangat kita goyah untuk memperingati Hari Kemerdekaan yang bersejarah ini.

Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai element masyarakat berupaya membentuk sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kemampuan dibidang akademis dan non akademis namun juga memiliki rasa nasionalisme. Kami sebagai mahasiswa sebagai pelopor pergerakan tidak ingin kalah dari masyarakat Indonesia yang lainnya, maka kami BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional menyelenggarakan kegiatan Semarak Kemerdekaan dalam tingkat Nasional dengan tema “One Nation One Unity Bangsa Bersatu Indonesia Maju”. Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi dengan 4 Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) modern dance, band, tari tradisional, dan EC.

Serangkaian kegiatan Semarak Kemerdekaan dengan tema “One Nation One Unity Bangsa Bersatu Indonesia Maju” telah dilaksanakan dimulai pada hari Kamis, 30 Juli 2020 hingga hari Minggu, 30 Agustus 2020. Kegiatan Semarak Kemerdekaan ini, mengangkat tema “One Nation One Unity Bangsa Bersatu Indonesia Maju”. Tema yang diangkat bertujuan mengispirasi seluruh civitas academica STIKES Nasional untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul agar Indonesia dapat dinilai semakin mampu untuk bersaing di kancah Internasional. Mahasiswa dan mahasiswi sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat menjadi masyarakat yang memiliki kehidupan yang berkualitas dan berdaya saing.

 

Rangkaian kegiatan ini dilakukan secara bersama yang dilaksanakan oleh UKM Tari Tradisional, Dance, English Club, dan Band dari STIKES Nasional yang bekerja sama dengan Panitia Semarak Kemerdekaan BEM STIKES Nasional. Kegiatan ini dilakukan secara online dan  lomba Dance mendapat total peserta sebanyak 27 pendaftar dari 9 Provinsi, lomba Essay Nasional degan total pendaftar mencapai 40 peserta yang terdiri dari 12 Provinsi, lomba Tari Tradisional mendapat peserta sebanyak 21 kelompok dengan setiap kelompoknya terdiri dari 3-5 anggota dalam 8 Provinsi di Indonesia. Sedangkan untuk lomba Band mendapat peserta sebanyak 12 kelompok dengan setiap kelompoknya terdiri dari 2-7 anggota dalam 6 Provinsi di Indonesia. Karya setiap peserta di upload pada instagram masing masing peserta, kemudian pihak panitia melakukan penilaian oleh juri dari setiap UKM. Pemenang setiap UKM mendapatkan uang pembinaan dan E-Sertifikat.

Lomba tari tradisional ini, dimenangkan oleh Jagad Pangestu sebagai juara satu, juara dua diraih oleh Semarak Candrakirana, dan juara tiga diraih oleh Anja Ambarawa Art. Dance Competition dimenangkan oleh Triple Threat sebagai juara satu, juara dua diraih oleh Marravile, dan juara tiga diraih oleh Vegas DC. Band dimenangkan oleh Supernova sebagai juara satu, juara dua diraih oleh Granat, dan juara tiga diraih oleh Imron N’ Friends. Dan untuk lomba essay dimenangkan oleh Asiya Kusumawati sebagai juara satu, juara dua diraih oleh Fahma Ainurrizka, dan juara tiga diraih oleh Sufwatul Ulya