Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medik STIKES Nasional Menyelenggarakan Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di Kelurahan Madegondo, Kecamatan Grogol

2019-11-04

Program Studi (Prodi) D-IV Teknologi Laboratorium Medik (TLM) STIKES Nasional menyelenggarakan PKMD dengan tema Edukasi Pemanfaatan Serai Sebagai Bahan Alami Anti Nyamuk Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Demam Berdarah. PKMD ini dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Oktober 2019 di Balai Desa Madegondo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Peserta yang mengikuti PKMD tersebut sebanyak 53 orang yang terdiri dari kader kesehatan di Kelurahan Madegondo. PKMD ini diselenggarakan dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan pemahaman mengenai penyakit demam berdarah dan berperan aktif dalam upaya mencegah penyakit tersebut melalui pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh dari penyuluhan.

Materi pertama dalam PKMD ini membahas tentang aspek klinis demam berdarah  yang disampaikan oleh dr. Endang Widhiyastuti, M.Gizi. Kemudian materi kedua disampaikan oleh M. Taufiq Qurrohman, M.Sc. yang membahas tentang ciri-ciri, siklus hidup, perilaku, dan pengendalian nyamuk demam berdarah. Selain itu juga dilakukan demonstrasi cara pembuatan penolak nyamuk dari serai oleh mahasiswa D-IV TLM Nugroho Azis Wahyu Prasetyo dan Ridwan Irawan. Materi terakhir membahas aplikasi lain dari serai sebagai antibakteri yang disampaikan oleh dosen Mikrobiologi D-IV TLM Vector Stephen Dewangga, M.Si.

Kegiatan PKMD ini diakhiri dengan pembagian pembagian doorprize dan penyampaian kesan dan pesan oleh peserta. Beberapa peserta menyampaikan bahwa mereka senang dengan adanya penyuluhan ini dan berpesan agar kegiatan semacam ini bisa terus diadakan secara rutin.