Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis STIKES Nasional Menyelenggarakan Penyuluhan Kesehatan Kepada Masyarakat Desa (PKMD) di Dukuh Kismosari RT 05 RW 02, Desa Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo

2019-11-28

Program Studi (Prodi) D-IV Teknologi Laboratorium Medis (TLM) STIKES Nasional menyelenggarakan Penyuluhan Kesehatan Kepada Masyarakat Desa (PKMD) dengan tema “Pengolahan Bekatul Sebagai Makanan Fungsional Penurun Kadar Kolesterol Dan Hipertensi”.  PKMD ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 November 2019 di Dukuh Kismosari RT 05 RW 02, Desa Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo.  Peserta yang mengikuti PKMD tersebut sekitar 68 ibu – ibu PKK Mekar Sari. PKMD ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK di Dukuh Kismosari mengenai pemanfaatan bekatul sebagai bahan makanan fungsional penurun kolesterol dan hipertensi serta dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana cara pengolahan bekatul sebagai bahan makanan fungsional penurun kolesterol dan hipertensi.

PKMD dibuka langsung oleh Bapak Suyamto, selaku ketua RT kemudian dilanjutkan sambutan dari Ibu Mastuti Widi Lestari, S.Si., M.Si selaku dosen pembimbing. Materi pertama dalam PKMD berjudul Kolesterol dan Hipertensi disampaikan oleh Hilda Zuhria yang mengupas tuntas tentang sumber makanan penyebab kolesterol, faktor yang mempengaruhi kolesterol, serta nilai normal kolesterol. Materi kedua dengan judul Pemanfaatan Bekatul Sebagai Makanan Fungsional disampaikan oleh Amalia Khoirunnisa yang membahas komposisi bekatul, pemanfaatan bekatul, macam olahan bekatul. Di sesi materi kedua juga di paparkan cara pengolahan bekatul contohnya pudding bekatul.

PKMD ini berlangsung selama 1 jam 30 menit dimulai pukul 19.30 WIB dan berakhir pada pukul 21.00 WIB. Peserta PKMD tampak antusias ditandai dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. Pemaparan materi PKMD diikuti dengan diskusi dan pembagian doorprize kepada para peserta yang aktif selama kegiatan diskusi berlangsung serta penyerahan kenang-kenangan kepada ibu – ibu PKK Mekar Sari.