Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis STIKES Nasional Menyelenggarakan Seminar HIV (Human Immunodeficiency Virus) di Hotel Sahid Jaya Solo

2019-10-22

Program Studi (Prodi) D-IV Teknologi Laboratorium Medis (TLM) STIKES Nasional menyelenggarakan seminar dengan tema The Role of Medical Laboratory Technologist in Quality Control for HIV Diagnostic. Seminar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 di Hotel Sahid Jaya Solo.  Peserta yang mengikuti seminar tersebut sekitar 200 orang yang terdiri dari mahasiswa, praktisi bidang teknologi laboratorium medis, dan masyarakat umum. Seminar ini diselenggarakan dengan tujuan agar ahli teknologi laboratorium medis dan masyarakat mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai HIV dan proses quality control dalam penegakan diagnosis HIV. Tujuan jangka panjang dari seminar ini, diharapkan dengan adanya pengetahuan mengenai tes HIV yang berkualitas akan memudahkan penegakan diagnosis HIV yang dapat dipercaya, sehingga pelayanan dan perawatan terhadap penderita HIV dapat optimal.

Seminar ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PATELKI Sukoharjo dan dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Pharmasi Nasional (YPPN) Bapak Thomas Sulistiyono. Materi pertama dalam seminar tersebut berjudul Epidemiology of HIV disampaikan oleh dr. Enny Listiawati, M.PH yang mengupas tuntas tentang perkembangan dan persebaran penyakit HIV dari tahun ke tahun didunia khususnya di Indonesia. Materi kedua dengan judul Virology Of Human Immunodeficiency Virus yang disampaikan oleh Didik Wahyudi, S.Si, M.Si yang membahas HIV Human Immunodeficiency Virus dari sudut pandang ilmu virologi. Selanjutnya materi ketiga Specimen Handling and Current Diagnostic of HIV yang disampaikan oleh dr. Amiroh Kurniati, M.Kes., Sp.PK yang menjelaskan tentang penanganan sampel pasien dengan HIV dan juga update pemeriksaan terbaru untuk diagnosa HIV yang juga penting untuk dapat diketahui oleh ATLM ataupun calon ATLM. Untuk materi keempat berjudul Quality Assurance and Quality Control in HIV Diagnostic yang disampaikan oleh dr. M.I Diah Pramudianti, M.Sc., Sp.PK(K) yang membahas tentang penjaminan mutu kualitas dalam melaksanakan pemeriksaan guna mendiagnosa HIV pada pasien.

Pada seminar ini tidak hanya membahas tentang HIV saja namun juga materi-materi lainnya seperti  K3 and Patient Safety yang disampaikan oleh Nova Andriansyah, S.ST yang diharapkan mampu meningkatkan kesadaran ATLM dan calon ATLM serta masyarakat tentang pentingnya menerapkan K3 pada saat melakukan pekerjaan di Laboratorium. Kemudian materi mengenai Regulasi Uji Kompetensi D-IV Teknologi Laboratorium Medis yang disampaikan oleh Hari Saktiningsih, S.Pd.Bio., M.Pd, dan materi Re-registration of STR and STK ver 2.0 yang menjadi syarat penting bagi ATLM untuk mendapatkan ijin guna bekerja di instalasi laboratorium serta cara memperpanjang STR secara online yang diharapkan dapet memudahkan para ATLMdisampaikan oleh Eko Joko Purwandyo, SKM selaku sekretaris DPW PATELKI Jawa Tengah.

Seminar ini berlangsung selama 9 jam dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Meskipun demikian para peserta tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh masing-masing narasumber. Pemaparan materi pada masing-masing sesi seminar diikuti dengan diskusi interaktif dan pembagian doorprize kepada pada para peserta yang aktif selama kegiatan diskusi berlangsung.