Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis STIKES Nasional Mendapatkan Peringkat Akreditasi B (BAIK) dari LAM-PTKes

2019-10-10

Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia telah melakukan Asesmen lapangan (Visitation) terhadap Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis (Prodi DIV TLM) STIKES Nasional Pada Tanggal 19-21 September 2019. Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari asesmen kecukupan (Desk Evaluation) terhadap borang akreditasi Prodi DIV TLM STIKES Nasional. Tim asesor yang didaulat oleh LAM-PTKes dalam proses visitasi tersebut yaitu: Prof. Win Darmanto, M.Si., Ph.D., dan Siti Fatimah, S.Si., M.Sc., Apt.

Pada hari pertama kedatangan tim asesor disambut oleh ketua STIKES Nasional Hartono, M.Si., Apt. beserta wakil ketua I, II, dan III, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ketua Prodi, Sekprodi dan Tim Pengisi Borang. Selanjutnya untuk hari kedua, dilakukan pemaparan borang program studi oleh M. Taufiq Qurrohman, S.Si., M.Sc. selaku Ketua Prodi DIV TLM Stikes Nasional. Kemudian dilanjutkan dari tim asesor memeriksa data, informasi, dan bukti pendukung isian borang yang telah disiapkan oleh program studi. Tim asesor juga melakukan wawancara kepada dosen tetap, dosen tidak tetap, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan calon pengguna lulusan. Kemudian tim asesor juga mengobservasi fasilitas atau instalasi pendukung, seperti: ruang pimpinan, ruang dosen, ruang administrasi, perpustakaan dan aksesnya, laboratorium yang sesuai, ruang kuliah, dan fasilitas mahasiswa.

Pada hari ketiga, dilakukan pembacaan dan diskusi hasil asesmen lapangan oleh asesor yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan rekomendasi oleh asesor. Setelah dilakukan penilaian oleh kedua asesor kemudian dilakukan proses validasi oleh LAM-PTKes. Proses selanjutnya yaitu Rapat Pleno Majelis Akreditasi untuk memutuskan status dan peringkat akreditasi  program studi berdasarkan  hasil asesmen lapangan yang sudah divalidasi. Pada akhirnya Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis (Prodi DIV TLM) STIKES Nasional mendapatkan peringkat akreditasi B (BAIK), dengan SK No. 0581/ LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2019 dan berlaku hingga 29 September 2024. Sebagai program studi baru yang belum memiliki lulusan, hasil akreditasi yang dicapai ini merupakan sebuah anugerah yang sangat besar. Semoga hasil akreditasi tersebut dapat menjadi salah satu motivasi bagi Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis (Prodi DIV TLM) STIKES Nasional untuk semakin maju dan menjadi lebih baik ke depannya.