Sarasehan Mahasiswa D-IV Teknologi Laboratorium Medis

Senin,29 Oktober 2018

Sarasehan adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu. Kegiatan sarasehan sangatlah penting dalam banyak hal terutama sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan mutu dan kualitas, terutama di bidang kependidikan. Kegiatan sarasehan bersama dengan mahasiswa di adakan untuk mendengar aspirasi dari para mahasiswa. Mahasiswa merupakan generasi yang selalu penuh semangat, ide-ide cemerlang dan cita-cita yang luhur. Namun dalam perjalanannya, tidak jarang mahasiswa mengalami beberapa hambatan terutama dalam perkuliahan dan kegitan kampus. Hambatan-hambatan tersebut tercermin dari kurang dapat mencerna bahan kuliah yang disampaikan, indeks prestasi yang menurun dan mahasiswa menjadi kurang bersemangat. Dalam hal ini, kampus dan prodi merupakan fasilitator bagi mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya yang nanti diharapkan kampus atau prodi dapat mencari solusi terbaik atas permasalahan tersebut dan untuk perkembangan prodi dan kampus yang akan datang.

Tujuan Sarasehan Mahasiswa – Dosen D-IV Teknologi Laboratorium Medis STIKES Nasional adalah salah satu fasilitas yang disediakan prodi D-IV TLM sebagai media komunikasi antar civitas akademik dan menampung aspirasi dari mahasiswa.

Kegiatan Sarasehan Mahasiswa – Dosen D-IV TLM dilaksanakan 18 Juli 2018, jam 09.00 – 12.30 WIB di         R.K 6 - STIKES Nasional, Kampus II Kwarasan,  Sukoharjo. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa prodi DIV TLM dan tenaga pendidik beserta staff prodi DIV TLM, meliputi kaprodi, sekprodi, dosen, instruktur, dan admin prodi.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan pada pukul 09.45 WIB oleh MC Prima Novriyono Anugrah, S.T dan mahasiswa Arsi Tiara Kusuma dengan pemutaran video motivasi. Sambutan oleh M. Taufiq Qurrohman, M.Sc selaku ketua program studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis, dilanjutkan dengan sosialisasi visi misi prodi dengan pemberian kuis. Setelah sambutan oleh Ketua Prodi, dilanjutkan dengan evaluasi akademik dan agenda semester gasal tahun ajaran 2018/2019. Adapun evaluasi akademik dari masing-masing tingkat per semester:

 Acara diselingi dengan ice breaking berupa games dan musik oleh mahasiswa. Acara inti yaitu diskusi dengan sub topik: kendala belajar, masukan untuk perkembangan prodi, dan usul-usul kegiatan ekstra diluar perkuliahan. Antusiasme mahasiswa sangat baik ditunjukkan banyaknya pertanyaan dan masukan (feed back) yang diberikan.