STIKES Nasional Gelar Seminar Nasional 2019

2019-09-09

Sukoharjo - (21/07) Seminar Nasional 2019 yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh STIKES Nasional bertajuk “Gejala, Diagnosis, dan Pencegaham Limfoma” telah diselenggarakan di ORIENT International Restaurant and Convention Hall, Hartono Mall. Ketua DPC PATELKI Sukoharjo Bapak Mardiana, S.SiT. MM, memberikan sambutan sekaligus membuka acara Seminar Nasional 2019.

Seminar Nasional ini pun mendatangkan 4 pembicara yang berkompeten dalam bidang analis kesehatan. Pembicara pertama yaitu Dr. Budi Santosa, S.KM., M.Si.Med dengan membawakan topik “Kompetensi dan Kewenangan ATLM dalam Pemeriksaan dan Diagnosis PA”, beliau memaparkan terkait bagaimana peran seorang tenaga laboratorium medis dalam melakukan pemeriksaan terutama dalam ranah patologi anatomi seperti halnya kanker. Sebagai pembicara kedua, Toeti Raharjoe, S.KM., M.Kes membahas tentang “Kesehatan dan Keselamatan Kerja Laboratorium” dimana topik ini sangat bermanfaat bagi tenaga laboratorium yang setiap harinya kontak dengan bahan-bahan yang tergolong B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Selanjutnya acara pun dilajutkan dengan topik ketiga yaitu “Gejala dan Pencegan Limfoma” bersama dr. Brian Wasita, Sp.PA., PhD dan topik terakhir disampaikan oleh Suwarto, S.KM., M.Kes dengan materi “Peran ATLM dalam Pemeriksaan Sitologi dan Hispatologi”. Acara ini dilaksanakan dengan sistem diskusi interaktif dan tanya jawab yang dipimpin oleh moderator.

Para peserta Seminar Nasional 2019 berasal dari kalangan mahasiswa kesehatan terkhusus jurusan analis kesehatan, tenaga laboratorium medis, dan akademisi.  Penyelenggara Seminar Nasional 2019 adalah Mahasiswa/i Reguler C Program Studi D3 Analis Kesehatan STIKES Nasional, sebagai salah satu bukti nyata mahasiswa STIKES Nasional yang edukatif untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia dan pembangunan Nasional.