STIKES Nasional Goes to School

2019-04-30

 

Tampil cantik dan menarik merupakan dambaan setiap orang, tidak hanya wanita tetapi kaum pria pun juga mulai memperhatikan penampilan terutama terkait dengan kesehatan kulit. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat dan terawat. Mulai dari menjaga pola makan, olahraga teratur sampai dengan menggunakan kosmetik/skin care. Perawatan kulit mulai menjadi sebuah tren gaya hidup untuk menjadikan penampilan yang sempurna, cantik, menarik sehingga meningkatkan kepercayaan diri. Penggunaan produk kosmetik kini mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, khususnya bagi para remaja. Pada saat ini para remaja banyak dikhawatirkan dengan masalah kulit, sehingga menjadikan penampilan yang kurang prima,kurang menarik dan mengurangi kepercayaan diri dan pada akhirnya stress.

 

Untuk memberikan pengetahuan mengenai cara merawat dan membersihkan kulit khususnya kulit wajah secara benar, STIKES Nasional sebagai salah satu Perguruan Tinggi di bidang Kesehatan mengadakan sebuah acara Mini Seminar bertajuk “Naturally Beautiful  with STIKES Nasional” yang akan memberikan penjelasan mengenai cara merawat dan menjaga kulit. Acara tersebut diselenggarakan di SMK Bhakti Mulia Wonogiri pada Kamis, 25 April 2019 yang bertepatan dengan serangkaian acara menyambut Ulang Tahun SMK Bhakti Mulia Wonogiri yang ke-10.

 Materi pertama disampaikan oleh ibu Susilowati, S.Farm., M.Sc., Apt yang membahas tentang “ Natural Cosmetic”. “Kosmetik adalah produk yang digunakan pada tubuh manusia untuk membersihkan, mempercantik, mempromosikan daya tarik, atau mengubah penampilan tanpa mempengaruhi atau mengubah fungsi tubuh” ungkapnya. Beliau menjelaskan tentang perbedaan kosmetik kimia dan kosmetik yang berbasis bahan alam, serta memberikan contoh jenis bahan alam dan cara penggunaannya sebagai kosmetik.

Materi kedua disampaikan oleh Ibu dr. Andarisukma Damaiswari Rahmilia yang merupakan Salah satu dokter kecantikan dari Eterniskin Care dengan tema “Serba – Serbi Kulit”. Beliau menjelaskan tentang pentingnya merawat kulit, berbagai masalah kulit serta bagaimana pengatasannya. Selain itu STIKES Nasional akan mengadakan workshop yang dilakukan oleh Mahasiswa STIKES Nasional untuk memberikan pengetahuan kepada siswa siswi SMK Bhakti Mulia Wonogiri, mulai dari pembuatan produk kecantikan (S1 Farmasi), melakukan analisis terhadap produk kecantikan (D4 Teknologi Laboratorium Medik) hingga cara melakukan cara relaksasi untuk kulit (D4 Fisioterapi) yang dapat diaplikasikan sendiri dirumah.