Sebanyak 42 Mahasiswa Baru D-IV Teknologi Laboratorium Medis Ikuti PKKMB

2019-10-02

STIKES Nasional Surakarta merupakan lembaga perguruan tinggi yang berperan dalam bidang kesehatan yang tidak lepas dari peran mahasiswa sebagai obyek pembelajaran. Mahasiswa bukan hanya berorientasi pada kewajiban utamanya yaitu kuliah melainkan mahasiswa dapat mengembangkan ilmu yang telah didapatkan hingga ke masyarakat. Sehingga mahasiswa mengetahui bagaimana kondisi masyarakat di sekitarnya.

Untuk itu maka perlu diadakan program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). IKADA (Ikatan Keluarga D-IV Teknologi Laboratorium Medis) telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk 42 mahasiswa baru yang merupakan orientasi penyadaran mahasiswa sebagai insan akademik yang memiliki tanggung jawab sosial sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat) untuk dapat mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik demi kemajuan bersama.

 “Mewujudkan calon ahli laboratorium muda yang Cerdas, Bertindak Nyata, Memiliki Rasa Saling Menghargai dengan Sesama dan Gigih Serta Tekun Untuk Mencapai Tujuan” merupakan tema PKKMB IKADA STIKES NASIONAL tahun ini. Technical Meeting PKKMB AGAROSE dilaksanakan pada Jumat, 13 September sedangkan untuk PKKMB AGAROSE diadakan pada Kamis – Jumat, 19-20 September 2019 yang bertempatkan di Laboratorium Anatomi Fisiologi Manusia STIKES Nasional.

Kamis, 19 September 2019 dilaksanakan penyampaian materi tentang e-learning yang disampaikan dari pihak IM3, Kuliah Perdana yang disampaikan oleh Kaprodi D-IV TLM M. Taufiq Qurrohman, M.Sc, materi pengenalan SIAKAD dari segi akademik dan keuangan oleh Admin D-IV TLM Rumningsih, A.Md. Materi pengenalan dasar prodi D-IV TLM oleh Hari Saktiningsih, S.Pd.Bio., M.Pd, dan juga seminar motivasi yang disampaikan oleh Hari Kusuma Dharmawan yang mengangkat tema “Upaya Membangun Generasi Millenial yang Berkarakter Kreatif di Era 4.0 “, serta penyampaian materi Layanan Mahasiswa oleh Kemahasiswaan Prodi dr. Endang Widhiyastuti, M.Gizi.

Pada hari Jumat, 20 September 2019 diadakan PKKMB AGAROSE dengan penyampaian materi mengenai organisasi yang berhubungan dengan tenaga ahli laboratorium kesehatan. Materi pertama tentang pengenalan organisasi PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia) yang disampaikan oleh Mardiana, S.Si.T., MM serta penyampaian materi tentang organisasi IMATELKI (Ikatan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia) oleh teman – teman anggota IMATELKI. Selain itu diadakan juga kegiatan Tour the Lab yang menjelaskan secara singkat tentang Laboratorium di STIKES Nasional terutama Laboratorium yang nantinya akan digunakan untuk pembelajaran di prodi D-IV TLM.

Dengan adanya kegiatan PKKMB AGAROSE yang telah terlaksana diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa baru dalam perkuliahan maupun kehidupan berorganisasi serta dapat menjadi gambaran tentang suasana dan proses perkuliahan di prodi D-IV Teknologi Laboratorium Medik STIKES Nasional.