Webinar dan Workshop Nasional Mengenal Lebih Dekat Infeksi dan Imunitas

2021-04-16

Mengawali Tahun 2021 ini, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional menyelenggarakan acara Webinar & Workshop Nasional yang dilaksanakan oleh Program Studi D3 Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional. Acara dilaksanakan hari Minggu, 11 April 2021 secara daring melalui platform ZOOM Meeting dan diikuti oleh lebih dari 600 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, (Padang, Jakarta, Solo Raya, Yogyakarta, NTT, Jayapura, dll). Webinar ini mengusung tema besar “New Insight of Infection and Immunity”. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, kemudian sambutan oleh Sindu Adi Merdeka Wati selaku ketua panitia dan Bp. Thomas Sulistyono selaku ketua yayasan. Dilanjutkan sambutan oleh Gubernur Jawa Tengah, Bp. H. Ganjar Pranowo, S.H.,M.IP.

Bagian inti acara yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh moderator webinar, Ibu Alip Desi Suyono Saputri,S.Farm.,M.Farm. Materi disampaikan oleh 4 narasumber. Narasumber pertama adalah dr. Agus Joko Susanto, Sp.PD, KAI,FINASIM (Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Kepala Divisi Alergi Imunologi Klinik RSUD Dr. Moewardi) dengan mengangkat tema “Pengetahuan Mendalam tentang Infeksi dan Imunitas”. Materi kedua dengan judul “Rasionalitas Penggunaan Obat pada Penyakit Autoimun” yang disampaikan oleh apt. Drs. Budi Raharjo, Sp.FRS (Praktisi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto). Kemudian materi ketiga disampaikan oleh Dr. apt. Kintoko, S.F.,M.Sc (Praktisi Herbal dan Direktur Kantor Urusan Bisnis dan Inovasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta) dengan judul “Potensi Herbal sebagai Immunomodulator”. Materi terakhir disampaikan oleh apt. Cyntia Dewi Ratnawati, S.Farm (Apoteker Klinis RUMAH SAKIT Dr.OEN KANDANG SAPI SOLO) dengan mengangkat tema “Manajemen Suplementasi oleh Farmasis dalam Upaya Meningkatkan Imunitas”.

Sesi tanya jawab dibuka setelah berakhirnya pemaparan materi dari setiap  narasumber. Webinar mendapat respon yang baik dari peserta maupun pemateri. Webinar & Workshop Nasional diselenggarakan guna menambah pengetahuan peserta, khususnya tenaga kefarmasian, tentang bagaimana peran tenaga kesehatan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Link unduh materi : UNDUH